1.205 Jiwa Orang Terdampak Banjir di Limboto Barat Gorontalo

Banjir Limboto Gorontalo

READ.ID – Sebanyak 1205 jiwa orang dilaporkan terdampak banjir di Kecamatan Limboto Barat, Kabupaten Gorontalo, Rabu (05/5/2021).

Berdasarkan data sementara dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Gorontalo, 1.205 jiwa yang terdampak banjir tersebar di tiga desa di Kecamatan Limboto Barat.

expo

Masing-masing yakni desa Padengo 666 jiwa atau 203 kepala keluarga (KK), desa Haya-haya 450 jiwa atau 124 KK dan desa Yosenogoro 89 jiwa atau 28 KK. Sementara untuk desa Pone masih dilakukan pendataan oleh petugas.

Banjir diakibatkan curah hujan yang tinggi mengguyur wilayah tersebut, sehingganya air setinggi 50 – 60 senti meter merendam rumah-rumah warga.

Banjir juga mengakibatkan 50 Ha tanaman padi di Desa Hutabohu tergenang air. Banjir juga dilaporkan merendam 267 Ha tanaman padi di kelurahan Tenilo Kecamatan Limboto.

Selain banjir di Limboto Barat, petugas juga masih melakukan pendataan kepada korban banjir di Kecamatan Limboto. Dilaporkan ada tiga kelurahan yang terdampak banjir.

Banjir Gorontalo

Petugas melakukan evakuasi kepada korban banjir di Limboto Barat, Kabupaten Gorontalo. Foto istimewa.

Banjir Gorontalo

Petugas BPBD Kabupaten Gorontalo melakukan penyedotan air di rumah warga. Foto BPBD

Saat ini petugas BPBD dibantu Basarnas, TNI dan polisi mengevakuasi warga di lokasi banjir, serta membantu menyedot air yang menggenangi rumah warga dengan menggunakan mesin pompa air.

(Wahyono/RL/Read)