111 Jemaah Haji Telah Tiba di Kotamobagu

KOTAMOBAGU, READ.ID – 111 Jemaah Haji tiba di Katomobagu, Senin 31 Juli 2023.

Kedatangan ratusan jemaah haji tersebut disambut langsung Sekretaris Daerah (Sekda) Kotamobagu, Sofyan Mokoginta di Masjid Baitul Makmur Kotamobagu.

Sekda Kotamobagu menyampaikan ucapan selamat datang kembali kepada jemaah haji yang telah menunaikan ibadah di tanah suci Makkah.

“Atas nama pribadi pemerintah daerah bahkan seluruh masyarakat kota Kotamobagu ingin menyampaikan ucapan Selamat datang kepada bapak-bapak haji dan ibu-ibu hajjah yang baru saja usai melaksanakan ibadah haji, Insya Allah seluruh ibadah yang telah dilaksanakan oleh bapak dan ibu akan mendapatkan imbalan pahala serta menjadi haji dan Hajjah yang mabrur,” ucap Sekda

Pada kesempatan yang sangat berbahagia ini Sekda mengajak para Jemaah Haji untuk merenungkan kembali tentang Bagaimana perjalanan ibadah yang baru saja dilaksanakan.

“Perjalanan ibadah haji tentunya bukan saja sejak mulai dari persiapan menuju Tanah Suci maupun pada saat Bapak Ibu kembali lagi ke tanah air Namun sebagai seseorang yang telah selesai melaksanakan ibadah haji, bapak dan ibu juga diharapkan dapat menjadi teladan bagi masyarakat di daerah ini,” ujarnya

“Ibadah haji yang baru saja dilaksanakan oleh Bapak dan ibu sekalian diharapkan selain akan dapat memperkokoh kesalehan pribadi juga diharapkan dapat semakin memperkokoh kesalehan sosial kita sekalian, karena jika kita ingin dekat dengan Tuhan sang pencipta alam semesta maka kita juga tentunya harus dekat dengan sesama manusia dan makhluk ciptaanNya,” tambahnya.(*)

Sementara itu, Kepala Kantor Kementerian Agama Kotamobagu, Jamaluddin Lamato menyampaikan, rombongan jemaah haji telah bergerak dari asrama haji Balikpapan menuju bandara pada pukul 03.00 WITA.

“Dari 115 jamaah yang berangkat , ada 1 jamaah yang batal berangkat ke Arab Saudi dan hanya 114 yang berangkat ke tanah suci dan melaksanakan haji,” ucap Sahran

“Saat melaksanakan haji, ada 3 orang yang meninggal dan 111 jamaah yang kembali ke tanah air. Yang kembali ke Manado 108 orang, sedang yang 3 orang langsung menuju Makassar. Dimana 3 orang ini awalnya mendaftar haji di Kotamobagu, namun telah pindah tugas ke Makassar,” tambahnya.(*)

Baca berita kami lainnya di

Exit mobile version