5 Cara Investasi Emas Mudah bagi Pemula

Cara Investasi Emas

Instrumen investasi emas sampai saat ini masih dianggap menguntungkan. Banyak orang menjadikan emas sebagai pilihan investasi terbaik karena tergolong memiliki risiko yang rendah. Bagi para pemula yang baru pertama kali berinvestasi, penting sekali untuk memahami dengan baik cara investasi emas yang aman dan menguntungkan.

pahlawan

Investasi Emas bagi Pemula

Setiap langkah investasi harus dimulai dengan bekal pengetahuan yang memadai. Jangan memulai investasi tanpa ilmu yang mencukupi karena bisa membuat Anda salah langkah. Bahkan, untuk jenis investasi emas yang dinilai aman dan mudah sekalipun. Berikut ini adalah 5 cara investasi emas pemula yang tergolong mudah untuk dilakukan:

  1. Tentukan Tujuan Investasi

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah menentukan tujuan investasi emas. Sebelum memulai investasi, Anda harus tahu apa yang menjadi tujuan dari langkah investasi tersebut. Semua orang pasti memiliki prioritas finansial yang berbeda-beda sehingga tujuan investasi setiap orang pun bisa jadi  tidak sama.

Cari tahu, apakah Anda ingin menggunakan dana investasi untuk persiapan dana jangka panjang atau jangka pendek? Tentukan tujuannya secara spesifik, apakah untuk biaya pendidikan, menikah, pindah rumah, dan lain sebagainya. Nantinya, tujuan investasi emas ini akan menentukan berapa lama waktu investasi yang harus dilakukan.

Jika Anda sudah tahu tujuan investasi, maka Anda akan melakukan strategi investasi demi mencapai tujuan tersebut. Anda juga bisa memperhitungkan tingkat resiko dan kepastian suksesnya suatu investasi.

Pun demikian dengan seberapa banyak target investasi yang ingin diraih agar tujuan akhir bisa tercapai. Jadi, bisa diperhitungkan sejak dini, berapa banyak emas yang harus dibeli dan diinvestasikan.

2. Sisihkan Dana Investasi

Segera lakukan pengelolaan finansial Anda agar bisa berinvestasi emas dengan konsisten. Anda tentu membutuhkan modal uang agar bisa membeli emas untuk diinvestasikan. Buat rencana pengeluaran dan tentukan berapa jumlah uang yang siap disisihkan untuk membeli emas.

Besarnya dana ini harus sesuai dengan kemampuan atau jumlah pemasukan yang Anda. Pastikan, besar uang yang akan dibelikan emas sudah berada di luar porsi dana untuk kebutuhan sehari-hari atau kebutuhan utama. Buat perhitungan juga tentang seberapa banyak emas yang bisa diinvestasikan dengan dana tersebut.

3. Pantau Harga Emas

Jika memang sudah yakin dan siap berinvestasi emas, maka jangan malas memantau harga emas secara berkala. Hal ini penting sekali untuk dilakukan karena dengan memantau harga emas, Anda bisa membuat perencanaan investasi yang matang. Anda juga jadi tahu kapan waktu yang tepat untuk membeli dan menjual emas.

Cara investasi emas terbaik adalah dengan memanfaatkan situasi naik turunnya harga emas. Belilah emas ketika harganya rendah, lalu jual kembali ketika harganya naik tinggi. Teknik ini akan membuat Anda mendapatkan keuntungan atau imbal balik dari investasi emas tersebut.

Update harga emas ini menjadi hal penting yang harus dilakukan secara rutin oleh mereka yang berinvestasi emas. Ada beragam perangkat yang akan membantu mengetahui perkembangan Informasi harga investasi emas. Mulai dari artikel berita hingga aplikasi atau platform investasi emas. Biasanya tersedia update informasi harga emas terbaru yang bisa dijadikan acuan berinvestasi.

4. Cerdas Memilih Platform

Investasi emas bukan lagi hal yang sulit untuk dilakukan. Cara investasi emas semakin praktis karena bisa diakses secara online. Tak perlu lagi menyimpan emas dalam bentuk fisik karena ada banyak platform investasi emas yang bisa Anda gunakan. Dalam satu genggaman tangan, Anda bisa membeli emas dan menjualnya kembali serta memantau progres investasi Anda.

Pilihlah platform investasi emas yang terpercaya dan mudah untuk diakses. Gunakan tipe platform yang cocok bagi pemula dan mendukung investasi emas secara praktis sekaligus menguntungkan. Pastikan bahwa platform yang digunakan sudah terdaftar secara resmi sehingga investasi emas bisa berjalan dengan aman.

Mempelajari cara investasi emas online secara otodidak atau mandiri melalui platform juga bisa menjadi langkah cerdas dan bijak sebelum berinvestasi. Setiap platform pasti akan menerapkan sistem yang berbeda. Pilihlah platform yang sistem investasi emasnya tidak ribet. Terutama untuk masalah penarikan atau pencairan emas yang sudah diinvestasikan tadi.

5. Manfaatkan Fitur Cicilan

Bagaimana jika pemula belum memiliki cukup modal untuk membeli emas? Tak masalah, investasi emas tetap bisa dilakukan dengan metode cicilan. Saat ini Anda bisa mendapat kesempatan mencicil emas dan menyimpannya sebagai tabungan atau investasi. Metode ini sangat cocok bagi anak muda yang ingin mencoba berinvestasi tapi belum punya cukup modal.

Sistem cicilan dalam investasi emas tersedia di berbagai jenis platform. Sekali lagi, carilah platform yang berkualitas dan bisa dipercaya. Pastikan juga proses pembelian dan cicilan emas ini bisa berjalan dengan aman. Buat perhitungan dulu apakah metode cicilan ini menguntungkan atau justru memberatkan.

Ayo Nabung UBS Emas di Blibli

Dengan berkembangnya teknologi saat ini, kegiatan Jual beli emas juga bisa dilakukan dengan mudah secara online. Blibli menjadi salah satu e-commerce yang dapat Anda pilih untuk membeli emas logam mulia. Tersedia banyak pilihan produk UBS emas logam mulia di Blibli dengan penawaran harga terbaik.

Amankah membeli emas online di Blibli? Tentu saja akan terjamin aman! Blibli menjadi pilihan e-commerce terpercaya yang menjamin produknya orisinal dan anti terhadap penipuan. Jika Anda tak mau ribet, belilah emas logam mulia untuk diinvestasikan di Blibli. Cukup dengan mengakses aplikasinya, Anda sudah bisa membeli emas dan menambah nilai investasi.

Segera unduh aplikasi Blibli sekarang juga untuk mendapatkan kemudahan akses pembelian emas ini. Cara investasi emas bersama Blibli akan terasa jauh lebih mudah dan aman. Jangan ragu untuk memulai sekarang agar imbal baliknya di masa depan bisa lebih besar.*****