Pemerintah Kabupaten Gorontalo Lakukan Evaluasi Pengendalian Inflasi

Pemkab Gorontalo Evaluasi Pengendalian Inflasi
banner 468x60

READ.ID – Pemerintah Kabupaten Gorontalo bersama Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Provinsi Gorontalo melakukan evaluasi pengendalian inflasi daerah pada hari Selasa (23/07/2024). Kegiatan ini dilaksanakan di ruang Madani, Kantor Bupati Gorontalo.

Asisten Perekonomian dan Pembangunan Kabupaten Gorontalo, Romi Sahrain, memimpin monitoring dan evaluasi ini. Ia menyambut baik tim BPKP yang akan melakukan monev (monitoring dan evaluasi) terhadap pengendalian inflasi oleh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait.


banner 468x60

Sejak tahun 2024, Kabupaten Gorontalo telah menjadi salah satu daerah yang menjadi sampel dalam pengukuran inflasi melalui Indeks Harga Konsumen (IHK). Hal ini tentunya mempengaruhi nilai IHK Provinsi Gorontalo. Bersama dengan Kota Gorontalo, Kabupaten Gorontalo kini berkontribusi dalam perhitungan IHK, yang sayangnya, menempatkan Provinsi Gorontalo sebagai daerah dengan kenaikan inflasi tertinggi di awal tahun 2024.

Menanggapi hal tersebut, pemerintah daerah bersama Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) terus berupaya mengendalikan inflasi dengan fokus pada empat aspek utama, yang meliputi, Ketersediaan stok. Pertama, Pemkab Gorontalo memastikan pasokan kebutuhan pokok terjaga untuk memenuhi permintaan masyarakat. Kedua, memastikan eterjangkauan harga. Hingga kini Pemda secara berkala melakukan operasi pasar murah dan memantau harga barang di pasaran.

Ketiga, kelancaran transportasi dipastikan untuk kelancaran distribusi barang untuk mencegah penumpukan dan kenaikan harga, dan ke empat, melakukan komunikasi yang efektif, yakni, melakukan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat tentang upaya pengendalian inflasi.

Asisten II Sekda Kabupaten Gorontalo, Darwin Romi Sjahrain, mengatakan, meskipun terjadi kenaikan inflasi secara year-on-year, pemerintah daerah telah berupaya maksimal dalam mengendalikan inflasi dari Januari hingga Juni 2024. Diharapkan nilai IHK Juli yang akan diumumkan pada Agustus nanti menunjukkan penurunan, sehingga Kabupaten Gorontalo dapat mencapai kestabilan dalam pengendalian inflasi.

Upaya pengendalian inflasi ini merupakan komitmen pemerintah daerah untuk menjaga daya beli masyarakat dan mendorong stabilitas ekonomi di Kabupaten Gorontalo.

Baca berita kami lainnya di


banner 468x60
banner 728x90