Demi Pastikan Tidak Ada Pemilih Ganda, Usman Dunda Ikuti Bimtek DPHP

Bimtek Menyusun Daftar Pemilih Hasil Pemutakhiran

READ.ID – Koordinator Divisi Perencanaan, Data dan Informasi Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pohuwato, Usman Dunda, mengikuti kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) yang digelar oleh KPU Provinsi Gorontalo, Minggu (28/07/2024).

Bimtek yang berlangsung selama dua hari itu, melibatkan anggota KPU divisi Rendatin dan PPK dari berbagai kabupaten/kota se Provinsi Gorontalo.


banner 468x60

Kepada media, Usman menyampaikan kegiatan tersebut, bertujuan untuk menyusun Daftar Pemilih Hasil Pemutakhiran (DPHP) dan mempersiapkan penetapan Daftar Pemilih Sementara (DPS) serta membersihkan data ganda dan invalid untuk Pilkada 2024.

“Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan kapasitas dan keterampilan para peserta dalam menyusun daftar pemilih yang akurat dan valid, yang menjadi dasar penting dalam pelaksanaan Pilkada,” ungkap Usman.

Selanjutnya, disampaikan Usman, pentingnya kegiatan ini sebagai upaya untuk memastikan bahwa setiap warga negara yang memiliki hak pilih terdaftar dengan benar dan tidak ada data ganda atau invalid yang dapat mengganggu kelancaran proses pemilihan.

“Ini juga sangat penting untuk mempersiapkan kita dalam menyusun DPHP yang akurat dan memastikan bahwa DPS yang akan ditetapkan bebas dari data ganda dan invalid,” ujar Usman, saat diwawancarai usai acara pembukaan.

Lebih jauh, Usman menegaskan pentingnya kerjasama dan koordinasi antar KPU serta pihak terkait lainnya dalam proses pemutakhiran data pemilih.

“Kita harus bekerja sama dengan semua pihak, termasuk pemerintah daerah, Bawaslu dan masyarakat, untuk memastikan bahwa data pemilih yang kita miliki benar benar valid dan mutakhir,” pungkasnya.

Baca berita kami lainnya di


banner 468x60
banner 728x90