Sophian: KPU Jamin Hak Pilih Penyandang Disabilitas di Gorontalo

READ.ID – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Gorontalo merilis data terbaru terkait jumlah pemilih disabilitas atau yang berkebutuhan khusus masuk dalam Daftar Pemilih Sementara (DPS) Pilkada 2024.

Tercatat sebanyak 6.133 warga Gorontalo dengan berbagai jenis disabilitas akan menggunakan hak pilihnya pada pesta demokrasi Rabu 27 November 2024 mendatang.


banner 468x60

Rincian data menunjukkan bahwa pemilih disabilitas fisik menjadi yang terbanyak dengan jumlah 2.558 orang, diikuti oleh disabilitas wicara (1.135), netra (822), mental (870), rungu (433), dan intelektual (315) orang.

Komisioner KPU Provinsi Gorontalo Sophian Rahmola berkomitmen untuk memastikan seluruh warga negara, termasuk penyandang disabilitas, dapat berpartisipasi penuh dalam proses pemilihan mendatang.

Berbagai upaya telah dilakukan untuk meningkatkan aksesibilitas Tempat Pemungutan Suara (TPS) dan memberikan pelayanan khusus bagi pemilih disabilitas.

“Kami ingin memastikan bahwa setiap warga Gorontalo, tanpa terkecuali, dapat menyalurkan hak pilihnya dengan nyaman dan aman,” ujar Sophian Rahmola.

Data ini menjadi pengingat pentingnya inklusivitas dalam proses demokrasi. Partisipasi aktif seluruh warga negara, termasuk penyandang disabilitas, merupakan kunci untuk mewujudkan pemilihan yang adil dan representatif.

Baca berita kami lainnya di


banner 468x60
banner 728x90