KPU Kabupaten Gorontalo Tingkatkan Kapasitas Pengelolaan Dana Hibah Pilkada 2024

READ.ID – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Gorontalo menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) pengelolaan dana hibah Pilkada 2024. Kegiatan yang berlangsung selama dua hari di Hotel Damhil, Kota Gorontalo ini bertujuan untuk memastikan pengelolaan keuangan di tingkat Panitia Pemungutan Suara (PPS) dan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) berjalan efektif dan transparan.

Plh. Ketua KPU Kabupaten Gorontalo, Windarto Bahua, menekankan pentingnya peran sekretariat PPS dalam mendukung pelaksanaan tahapan Pilkada. “Sekretariat ini fokus pada pengelolaan anggaran, sehingga PPK dapat fokus pada pelaksanaan tahapan,” jelasnya.


banner 468x60

Bimtek ini diikuti oleh seluruh Ketua PPK dan staf sekretariat PPS yang mengurus bagian keuangan dari seluruh kecamatan. Materi yang disampaikan mencakup mekanisme pengelolaan keuangan, tata kelola yang baik, hingga penyusunan laporan pertanggungjawaban.

Windarto Bahua menambahkan bahwa keberhasilan pelaksanaan tahapan Pilkada sangat bergantung pada penyelesaian administrasi oleh sekretariat PPK dan PPS. “Honor dan operasional PPK dan PPS tergantung pada selesainya administrasi yang dibuat oleh teman-teman sekretariat,” imbuhnya.

Dengan demikian, Bimtek ini diharapkan dapat meningkatkan kapasitas sekretariat PPS dalam mengelola keuangan, sehingga dapat mendukung kelancaran seluruh tahapan Pilkada.

KPU Kabupaten Gorontalo berharap melalui kegiatan ini, seluruh tahapan Pilkada dapat berjalan lancar tanpa hambatan administrasi. Hal ini sejalan dengan komitmen KPU untuk mewujudkan Pilkada yang bersih dan transparan.

Baca berita kami lainnya di


banner 468x60
banner 728x90