Jelang Pilkada 2024, KPU Gorut Luncurkan Maskot “Te Uti Ulo Ra’Ayati”

READ.ID – Komisioner Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Gorontalo Utara luncurkan maskot Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Tahun 2024, bertempat di Halaman Kantor Bupati Gorontalo Utara.

Ketua KPU Gorontalo Utara, Sofyan Jakfar mengatakan, maskot “Te Uti Ulo Ra’Ayati” menjadi pilihan ikon KPU Gorut.


banner 468x60

Sebab, menurutnya, ikon tersebut memiliki unsur budaya dan ciri khas jagung sebagai lambang komoditi terbesar yang ada di wilayah Provinsi Gorontalo.

“Maskot ini menjadi pilihan kami, karna memiliki ciri khas Provinsi Gorontalo yaitu jagung, yang menggunakan baju adat Gorontalo laki-laki, dengan memakai mahkota di bagian kepala sambil memegang paku dan surat suara,” ujar Sofyan Jakfar.

Sofyan menjelaskan, mahkota atau makuta/palulawa ini merupakan salah satu identitas yang sering digunakan pada upacara adat Gorontalo, yang dikenakan oleh kaum laki-laki.

“Untuk paku itu sendiri adalah salah satu identik dengan pesta rakyat, serta menjadi simbol yang melambangkan keamanan, keberlanjutan dan kekompakan,” jelasnya

“Surat suara yang dipegang Te Uti Ulo Ra’ Ayati merupakan media yang digunakan dalam pemilihan umum termasuk Pilkada, untuk memilih calon kepala daerah dan wakil kepala daerah yang dinginkan masyarakat,” tambahnya.

Sementara biji jagung dibagian tubuh maskot ini, merepresentasikan komoditi unggulan petani di Gorontalo Utara.

“Jagung juga melambangkan sumber pangan melimpah, serta menjadi bahan baku utama olahan makanan dan andalan untuk pakan peternakan,” terang Sofyan Jakfar.

Adapun yang turut hadir pada Peluncuran tersebut, yaitu; Penjabat Bupati Gorontalo Utara, Sila Botutihe dan Sekretaris Daerah, Suleman Lakoro, Ketua KPU Provinsi Gorontalo Fadliyanto Koem serta unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda).

 

Baca berita kami lainnya di


banner 468x60
banner 728x90