Satlinmas Gorontalo Siap Amankan Pilkada 2024

Apel Satlinmas Persiapan Hadapi Pilkada 2024

READ.ID – Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Provinsi Gorontalo menggelar apel siaga Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) tingkat provinsi di lapangan Dulomo, Kecamatan Patilanggio, Kabupaten Pohuwato. Kegiatan ini sebagai bentuk kesiapan dalam menghadapi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) tahun 2024.

Sekretaris Daerah Provinsi Gorontalo, Sofian Ibrahim, yang hadir dalam acara tersebut menyampaikan bahwa Satlinmas memiliki peran yang sangat penting dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat, terutama menjelang pelaksanaan Pilkada.


banner 468x60

“Satlinmas harus siap menjadi garda terdepan dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat,” tegas Sofian.

Sofian juga mengingatkan beberapa potensi gangguan keamanan yang perlu diwaspadai, seperti berita hoaks, politik uang, isu SARA, dan netralitas ASN. Ia menekankan pentingnya sinergi antara Satlinmas dengan pihak kepolisian dan pemerintah daerah dalam menjaga kondusivitas wilayah.

Kasatpol-PP Provinsi Gorontalo, Marsan Rauf, melaporkan bahwa saat ini Provinsi Gorontalo telah memiliki 7.150 personel Linmas yang telah terdata dan memiliki Surat Keputusan (SK) dari masing-masing kepala daerah. Para personel ini telah mengikuti pelatihan dasar yang diselenggarakan oleh satuan Damkar, Basarnas, dan Satpol-PP.

“Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas dan profesionalisme para personel Linmas dalam menjalankan tugasnya,” ujar Marsan.

Apel siaga ini tidak hanya sebagai ajang untuk menunjukkan kesiapan Satlinmas, tetapi juga sebagai wadah untuk mempererat silaturahmi dan koordinasi antar Satlinmas dari berbagai daerah. Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan dapat meningkatkan sinergi dan soliditas dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat.

Baca berita kami lainnya di


banner 468x60
banner 728x90