Jelang Pelantikan Presiden Basarnas Gelar Simulasi Penanganan Bencana

Basarnas Gelar Simulasi Penanganan Bencana
banner 468x60

READ.ID – Jelang hari pelantikan Prabowo Subianto – Gibran Rakabuming Raka sebagai Presiden dan Wakil Presiden RI periode 2024-2029, Badan Pencarian dan Pertolongan Nasional (Basarnas) menggelar simulasi penanganan bencana dengan kekuatan personel penuh.

Simulasi penanganan bencana tersebut dilaksanakan ratusan personel Basarnas yang juga mengerahkan helikopter, paramotor, drone, dan peralatan ekstrikasi untuk penanganan Urban Search and Rescue (USAR) yang yang dipimpin langsung Kepala Basarnas Kusworo di Desa Cikoneng, Kecamatan Anyar, Serang, Banten, Sabtu pagi.


banner 468x60

“Ya, dengan begitu kami stand by on call commander, siap bersiaga, untuk pelantikan Presiden besok,” kata Deputi Operasi dan Latihan Basarnas Edy Prakoso di Jakarta, Sabtu.

Basarnas tidak mengharapkan ada peristiwa bencana alam seperti gempa bumi dan tsunami maupun kecelakaan transportasi darat, laut, dan udara saat dilangsungkan pelantikan kepala negara.

Namun, pihaknya menilai sudah kewajiban Basarnas untuk meningkatkan pengamanan demi meminimalisir risiko selama momentum bersejarah itu yang juga akan dihadiri sejumlah tokoh nasional hingga para petinggi negara sahabat dan masyarakat umum lainnya.

Basarnas menyiagakan ratusan personel terlatih mereka di sejumlah titik berpotensi rawan mulai dari kawasan sekitar lokasi pelantikan, hingga wilayah pesisir utara Jakarta, Banten dan daerah penyangga lainnya.

Selain itu juga memastikan peralatan SAR dalam kondisi prima dan siap beroperasi bila ada kejadian signifikan, di antaranya Kapal Negara (KN) SAR Basudewa dan Rigid Inflatable Boat (RIB)-02 Banten. Helikopter Basarnas HR-3604 yang juga bersiaga di markas Satuan Udara Atang Sendjaja (ATS) Bogor, Jawa Barat.

Diberitakan sebelumnya, Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden akan digelar pada Minggu 10 Oktober 2024, pukul 10.00 WIB di Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, dan juga akan diiringi dengan rangkaian seremonial setelah pelantikan seperti panggung hiburan musik hingga arak-arakan pasangan presiden.

Ketua MPR RI Ahmad Muzani mengungkapkan dalam acara itu, kandidat peserta Pilpres 2024, seluruh pimpinan partai politik peserta Pemilu 2024, hingga petinggi dari negara sahabat diundang untuk menghadiri prosesi pelantikan. Seremoni setelah pelantikan akan terbuka dan boleh dihadiri masyarakat umum.(ANTARA/READ.ID)

Baca berita kami lainnya di


banner 468x60
banner 728x90