banner 468x60

Menteri PPN Berkomitmen Gorontalo Bisa “Naik Kelas”

Menteri PPN

READ.ID – Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional / Kepala Badan Perencanaan Nasional (PPN/Bappenas) Suharso Monoarfa berkomitmen agar Provinsi Gorontalo bisa “naik kelas”.

Ia ingin kampung halaman orang tuanya itu bisa naik peringat dalam hal penurunan angka stunting (gizi buruk/kerdil) dan penurunan angka kemiskinan.

Hal tersebut disampaikan Harso saat memenuhi undangan syukuran yang digelar oleh Pemerintah Provinsi Gorontalo bertempat di halaman Rumah Jabatan Gubernur, Sabtu (9/11/2019). Mantan anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Watimpres) itu datang didampingi istri yang juga menjabat Wakil Ketua Komisi V, Nurhayati.

“Ada dua hal yang mudah-mudahan semasa saya ada di Bappenas, Gorontalo bisa naik kelas. Saya mau Gorontalo itu tidak lagi di kepala tiga tapi kepala dua,” buka Harso.

Dimaksud Harso dengan kepala tiga yakni persentase angka stunting. Angka stunting Gorontalo saat ini sudah berada di angka 31,5 persen, turun dari 36,5 persen selama lima tahun terakhir.

“Saya bangga dengan cara pemerintah provinsi mengatasi stunting yang selama lima tahun ini turun lima persen. Ada satu kabupaten yang di bawah target nasional 27 persen, yaitu sudah mencapai 24 persen. Kabupaten itu sudah mengenalkan satu cara menurunkan stunting dengan mendirikan pusat-pusat layanan kesehatan,” imbuhnya.

Hal lain yang menjadi komitmennya yakni menurunkan persentase angka kemiskinan di daerah. Angka kemiskinan yang masih berada di 15,52 persen menurutnya bisa terus ditekan dengan berbagai program dan bantuan yang digulirkan oleh pemerintah.

Sementara itu, Gubernur Gorontalo Rusli Habibie merasa bangga dan bersyukur ada putra Gorontalo yang menjadi menteri. Terlebih posisi Suharso sangat strategis karena menjadi dapur dari semua perencanaan dan program nasional maupun di daerah.

“Kita bersyukur beliau menjadi menteri PPN Kepala Bappenas yang tugasnya sebagai dapur untuk program-program seluruh Indonesia di tangan putra Gorontalo. Baik itu sektor pertanian, perikanan, kelautan, ifrastruktur, semuanya,” tutur Rusli. (Adv/RL/Read.id)

Baca berita kami lainnya di

banner 468x60