banner 468x60

Pohuwato lakukan studi komparasi di Jawa Timur

Studi Komparasi

READ.ID – Sejumlah 13 Sekretaris Camat (Sekcam) se-Kabupaten Pohuwato, melaksanakan studi komparasi potensi desa di Desa Pujonkidul dan Desa Ngoroto Kecamatan Pujon Kabupaten Malang Provinsi Jawa Timur.
Kamis (13/2).

Dalam kunjungannya, rombongan studi komparasi yang dipimpin Sekertaris Daerah (Sekda) Pohuwato, Djoni Nento tersebut, diterima langsung oleh perangkat Desa Pujon Kidul.

Dalam kesempatan itu Sekda Djoni Nento menyampaikan bahwa tujuan dilaksanakan studi komparasi ini untuk meningkatkan pengetahuan serta tata cara pengelolaan potensi desa dalam meningkatkan PAD.

“Saya fikir ada begitu banyak hal yang menarik dari Desa Pujonkidul dimana desa ini mampu merubah dirinya menjadi desa wisata yang banyak dikunjung” Ujar Sekda

“Olehnya melalui kegiatan yang akan dilaksanakan selama dua hari ini saya berharap mampu mengkomparasikan apa yang menjadi hasil studi dalam mengelola dana desa melalui APBDes” Tambahnya

Keberhasilan Desa Pujonkidul sendiri dalam mengelola dana Desa mendapat acungan jempol dari berbagai pihak, Dimana dana Desa yang digunakan mendirikan Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) telah berhasil menyulap Desa Ini menjadi lokasi wisata.

Sementara itu, Anas Taufik selaku pemateri mengatakan kunci keberhasilan dari pembangunan desa itu sendiri terletak pada sistem perencanaan pembangunan desa yang harus disesuaikan dengan visi misi desa itu sendiri.

“Kalau perencanaan mantap maka pada pelaksanaannya Insya Allah tidak akan menemui kendala. Kemampuan mengidentifikasi potensi yang ada di desa akan mempermudah kita untuk berinovasi membangun desa itu sendiri” Ungkap Anas Taufik. (D/RL/Read)

Baca berita kami lainnya di

banner 468x60