banner 468x60

Bupati Gorontalo Dukung Program Langit Biru dari Pertamina

Program Langit Biru

READ.ID – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gorontalo mendukung program langit biru yang dilaksanakan Pertamina.

Usai melakukan pertemuan dengan pihak Pertamina Sulutgo, Senin (15/3/2021), Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo mengajak masyarakat memanfaatkan program tersebut.

Nelson menjelaskan, program yang mengajak warga beralih dari premium ke Pertalite. Sebab, penggunaan pertalite ini berdampak baik untuk pelestarian lingkungan.

Selain itu juga bisa berdampak pada peningkatan pendapatan asli daerah, mampu pengurai antrean, serta berdampak pada peningkatan ekonomi warga.

“Maka ini kita dukung oleh pemerintah daerah, kita sosialisasikan dan sekarang sudah berlaku,” ujar Nelson.

Seperti yang diungkap bupati Nelson, pajak penggunaan bahan bakar kendaraan bermotor (PBBKB) di Kabupaten Gorontalo, banyak didapatkan dari Pertalite, pertamax dan produk BBK lainnya, jika dibandingkan dengan PBBKB dari produk premium dan solar. Sehingga meningkatnya penggunaan Pertalite bisa berdampak pada Pendapatan Asli Daerah (PAD).

“Tadi kami sudah berkoordinasi dengan pak bupati terkait dengan program langit biru tahap pertama, yang berjalan di Kota Gorontalo dan juga Kabupaten Gorontalo,” ungkap

SBM Rayon 4 Sulutgo Pertamina, Fadlan menjelaskan, dalam program langit biru ini, Pertamina mematok harga Pertalite setara dengan Premium. Atau ada potongan Rp1400 per liternya.

Program ini khusus untuk angkutan umum plat kuning, kendaraan roda tiga (Bentor) dan kendaraan roda dua. Di Gorontalo ada 9 SPBU yang menerapkan program ini, 3 SPBU di kota, dan 6 di Kabupaten Gorontalo.

“Pertalite ini kualitasnya jauh lebih bagus dari Premium. sehingga untuk pencemaran udara dan pembakaran di lapangan lebih bagus Pertalite dari premium. Alhamdulillah pertemuan tadi mendapat dukungan dari pak Bupati,” pungkas Nelson.

(Wahyono/Read/Kominfo)

Baca berita kami lainnya di

banner 468x60