Nelson Pomalingo : Festival Walima di Bitung Jadi Event Perkenalkan Budaya Gorontalo

banner 468x60

READ.ID – Bupati Nelson Pomalingo memberikan apresiasi kepada masyarakat Gorontalo rantau di Kota  Bitung yang melaksanakan festival Walima untuk ketiga kalinya.

Diketahui sebelumnya, kegiatan tersebut sebagai wujud lestarikan Tradisi Gorontalo di daerah rantau tersebut digagas secara gotong royong bersama KKIG Kota Bitung, yang dipusatkan Kompleks TKB Pasar Tua Bitung, Sabtu (29/10/2022).


banner 468x60

Dikatakan Nelson Pomalingo, festival ini pun berdasarkan asas gotong royong  yang perlu diberikan apresiasi dan rasa bangga. 

“Tentunya, hal ini luar biasa, meskipun berada di daerah rantau,  namun persatuan masyarakat dan asas Gotong Royong tetap lestarikan adat Gorontalo”, ujar Bupati Gorontalo.

Ia pun bangga dan gembira bahasa Gorontalo masih terus dipertahankan walaupun di daerah rantau.

Terkait festival Walima, Bupati dua periode itu berharap melalui KKIG Pusat,mungkin ini bisa ditetapkan menjadi Festival tahunan.

Cara mendorong itu, Kata Nelson tak hanya upaya masyarakat rantau di bitung akan tetapi dukungan pemerintah daerah se Provinsi Gorontalo.

“Sehingga dengan upaya ini pemerintah terus berkontribusi, sehingga Festival Walima oleh masyarakat rantau di kota bitung akan semakin lebih semarak seperti apa yang dilakukan oleh masyarakat Gorontalo di desa Bongo religi Kabupaten Gorontalo,” pinta Nelson.

Pada intinya, dalam rangka menggaungkan dan mempertahankan pelestarian adat Gorontalo ini butuh kolaborasi semua pihak.

“Baik itu Pemerintah desa, Kecamatan,Kabupaten/Kota se-Provinsi Gorontalo bahkan dukungan Nasional karena ini Icon Provinsi Gorontalo,” Harap Nelson.

Lanjut Nelson, dirinya berharap kepada masyarakat Gorontalo di rantau diseluruh wilayah Indonesia agar tetap lestarikan budaya seperti ini.

“Mungkin di Kota bitung dikenal dengan kegiatan Festival Walima maka mungkin di daerah lain seperti ada icon Gorontalo dipertahankan sehingga ini menjadi ajang dan event perkenalkan Budaya Gorontalo di luar Provinsi Gorontalo,” tukas Nelson.

Seperti diketahui, pada pelaksanaan festival walima di Bitung Pemerintah Kabupaten Gorontalo ikut serta menampilkan tolangga khas Gorontalo.

Baca berita kami lainnya di


banner 468x60
banner 728x90