banner 468x60

Sensus Pertanian 2023, PJ Sekda Provinsi Gorontalo : Seluruh Pihak Harus Aktif

Sensus Pertanian

READ.ID – Penjabat Sekretaris Daerah Syukri Botutihe meminta seluruh pihak bisa berperan aktif dalam kesuksesan Sensus Pertanian 2023 (ST2023).

Hal itu disampaikan Syukri saat menghadiri sekaligus membuka Konsolidasi ST2023 secara resmi bertempat di Hotel Citimall Gorontalo, Kamis (25/5/2023).

“Salah satu program prioritas Provinsi Gorontalo dan juga Kabupaten/Kota mayoritas itu sektor pertanian. Oleh sebab itu, sensus pertanian yang akan dimulai tanggal 1 Juni nanti, betul-betul terlaksana dengan baik,” kata Syukri.

Asisten bidang pemerintahan itu mengungkapkan, setiap tahun tidak sedikit dana APBD yang telah dialokasikan untuk sektor pertanian. Terutama dalam membantu para petani melakukan produksi pertaniannya. Namun, berdasarkan data yang ada, tingkat kemiskinan terbanyak ada pada petani.

Oleh karenanya, ketersediaan data pertanian terbaru dari hasil ST2023 sejatinya memang amat dibutuhkan, terutama untuk menyelesaikan sejumlah persoalan seperti kesejahteraan petani.

“Pada kesempatan ini kami titipkan mungkin pada program atau pelaksanaan rencana aksi untuk melakukan sensus ini, tolong dipotret hasil dari pada alokasi APBD yg setiap tahun kita alokasikan ke sektor pertanian,” pintanya pada seluruh OPD yang hadir.

Kegiatan ini turut dihadiri Direktur Tanaman Pangan Holtikultura dan Perkebunan BPS RI Kadarmanto, Kepala BPS Provinsi Gorontalo selaku penyelenggara kegiatan yakni Mukhamad Mukhanif, Anggota Komisi II Yeyen Sidiki, Koordinator Ekonomi dan Statistik Bappenas Cut Syawalima, serta seluruh OPD terkait.

Baca berita kami lainnya di

banner 468x60