Ditemui Konsulat Jenderal Australia, Pemkot Gorontalo Siap Jalin Kerjasama

Pemkot Gorontalo
banner 468x60

READ.ID– Wali Kota Marten Taha menyampaikan apresiasi atas kunjungan kerja yang dilakukan oleh Konsulat Jenderal Australia Todd Diaz bersama tim, di Rumah Dinas Wali Kota, Rabu (11/10/2023).

Wali Kota Marten Taha mengatakan, kedatangan konsulat jenderal Australia tersebut, guna membahas tentang peluang yang ditawarkan oleh pihak konsulat, dan peluang kerjasama antara Gorontalo-Australia.


banner 468x60

Diantaranya, peluang di sektor pariwisata. Terlebih, di Provinsi Gorontalo terdapat potensi wisata, yang bisa dinikmati oleh warga Australia.

“Bahkan, Provinsi Gorontalo adalah satu-satunya daerah yang dengan mudah dapat menikmati keindahan Hiu Paus”, ungkap Marten Taha.

Selanjutnya, juga membahas peluang disektor pendidikan. Yakni, pihak Australia memberikan kemudahan bagi generasi muda Gorontalo, untuk mengakses perguruan tinggi di Australia.

“Juga, kerjasama dibidang perdagangan dan perekonomian juga turut menjadi pembahasan dalam pertemuan kali ini”, ucap Marten Taha.

Diantaranya, yang menarik bagi pihak Australia adalah komoditi ikan, yang mempunyai potensi cukup besar.

“Sehingga, mereka mau melakukan kerjasama dibidang ekspor perikanan”, kata Wali Kota.

Untuk itu, pihak konsulat sendiri, akan melakukan pertemuan dengan para pengusaha yang tergabung dalam Kadin, guna membahas hal ini.

Sementara itu, salah satu kerjasama yang dilakukan oleh Pemkot Gorontalo dengan pihak Australia adalah instalasi pengolahan air limbah, untuk mengurangi dan memperbaiki lingkungan.

“Alhamdulillah, kita sudah mendapatkan bantuan kerjasama ini pada tahun 2019”, tutup Wali Kota.

(Rinto/Read)

Baca berita kami lainnya di


banner 468x60
banner 728x90