Adnan Dorong Penambahan Pelatihan di PKBM Huyula Desa Tabongo

PKBM Huyula

READ.ID – Anggota komisi IV DPRD Provinsi Gorontalo Adnan Entengo, mendorong adanya penambahan layanan life skill di Pusat Kegiatan Belajar Mengaja (PKBM) Huyula di Desa Tabongo Barat, Kecamatan Tabongo.

Penambahan itu, kata Adnan, seperti contoh kecil yakni memberikan pelatihan pembuatan kue dan menjahit di PKBM Huyula Desa Tabongo Barat tersebut.

Tidak hanya itu, pihaknya juga meminta agar PKBM turut mendorong warga dalam belajar, terutama penuntasan keaksaraan atau buta huruf.

“Tentunya, harapan ini akan kami sampaikan kepada pihak terkait, agar ditindaklanjuti,” ungkap Adnan, saat diwawancarai, usai mengunjungi PKBM Tabongo baru-baru ini.

Di sisi lain, politisi PKS ini pun menyampaikan, untuk PKBM ini juga memiliki daya tarik berbeda, yakni adanya fasilitas perpustakaan untuk belajar mencari referensi dan pengembangan fasilitas.

“Terkait adanya, aspirasi yang disampaikan oleh pihak PKBM untuk penambahan buku di perpustakaan tersebut, akan dikomunikasikan dengan pihak Perpustakaan Nasional RI,” tegas Adnan.

Terpisah, ketua PKBM Huyula Mastin A. Hasan menyebutkan tercatat saat ini terdapat peserta didik sebanyak 35 orang.

“Yakni terdiri dari paket A 10 orang dan ikut ujian 8 orang, serta paket C dari jumlah 35 orang, yang ikut ujian 26 orang,” sebut Mastin.

Sementara itu, untuk jumlah tutor di PKBM sebanyak tujuh orang, meliputi guru, dan masyarakat setempat dengan digaji BOP yang ada.

(Rinto/Read)