Adnan Entengo imbau semua pihak atasi Banjir di Gorontalo

Adnan Entengo Banjir Gorontalo

READ.IDAnggota DPRD Provinsi Gorontalo Adnan Entengo meminta pemerintah dan seluruh pihak, untuk bisa memberikan edukasi kepada masyarakat, menyangkut masalah banjir yang melanda sejumlah wilayah di Gorontalo.

Menurutnya, semua pihak harus bekerja keras, mulai dari pemerintah provinsi, daerah kabupaten, dan serta masyarakat, dalam menanggulangi dan mengatasi masalah banjir.

“Mengingat kondisi alam kita, terutama wilayah hulu saat ini, sudah tidak hijau lagi,” ungkap Adnan Entengo, saat dihubungi Kamis (23/9/2021).

Tidak hanya itu, politisi PKS ini juga menyinggung adanya banjir yang terjadi di Kabupaten Gorontalo, yakni di Kecamatan Limboto kemarin.

Sebagai, anggota DPRD Provinsi Daerah Pemilihan Kabupaten Gorontalo A, dirinya ikut simpati atas terjadiny musibah banjir yang merendam sejumlah wilayah di Kecamatan Limboto.

Diterangkan Adnan, banjir yang terjadi di Limboto, diakibatkan hujan lebat dengan membawa erosi, sehingga tidak mampu menahan debit air yang turun, sampai melampaui jembatan sebagai akses masyarakat di Limboto.

“Terlebih, kondisi jembatan yang rendah, dan banyak pipa yang menahan sampah-sampah tersebut, hingga meluap di halaman rumah warga, hingga menutup akses jalan,” jelas Adnan lagi.

Pihaknya pun mengingatkan kepada Balai Wilayah Sungai (BWS) Sulawesi II, agar dapat menangani ini secepatnya, dan dalam waktu jangka panjang ini, harus melibatkan seluruh pihak.

Untuk menindaklanjuti hal ini, selaku anggota badan anggaran (banggar) di DPRD Provinsi Gorontalo, patut untuk difikirkan bersama melalui porsi anggaran secara cepat dalam penanganan banjir di Kabupaten Gorontalo.

“Tentunya, banjir ini tidak hanya akibat dari alam sendiri, namun juga tidak lepas dari perilaku masyarakat, yang membuang sampah sembarangan juga,” tandasnya. (Rinto/Read)