Angka Kemiskinan Di Kota Gorontalo Tahun 2023 Alami Penurunan

Angka Kemiskinan Gorontalo 2023 Alami Penurunan

banner 468x60

READ.ID – Keberhasilan pemerintah Kota Gorontalo dalam percepatan penurunan angka kemiskinan ditahun 2022 hingga ke tahun 2023 dinilai cukup baik.

Hal ini terungkap, dalam seminar hasil penelitian dampak Pelaksanaan Program Kemiskinan Terhadap Percepatan Penurunan Angka Kemiskinan, Rabu (6/12/2023).

banner 468x60

Staf Ahli Bidang Pemerintahan,Hukum, dan Politik Sekda Kota Gorontalo Haryono Suronoto menyampaikan, adapun upaya dari pemerintah kota dalam meraih capaian ini, yakni dalam rangka menyongsong visi Indonesia Maju 2045.

Tidak hanya itu, Pemerintah Kota Gorontalo berkomitmen terhadap penghapusan kemiskinan dengan mendukung penuh program yang dilaksanakan oleh Bapppeda Kota Gorontalo.

Dijelaskannya, dengan adanya strategi pembangunan SDM melalui pelayanan massal, peningkatan produktivitas, dan pembangunan karakter, terbukti efektif dengan penurunan angka kemiskinan.

Angka penurunan tersebut yakni menjadi 5,54% pada tahun 2023, yang turun 0,95 poin dari tahun sebelumnya.

Selanjutnya, untuk angka kemiskinan ekstrim turun 0,47% pada tahun 2023 dibandingkan tahun 2021.

“Tentunya, hal ini menunjukan bahwa peran pemerintah yang selalu hadir dalam mensejahterakan masyarakat”, ucap Haryono Suronoto.

Ia mengatakan, keberhasilan ini bukan hanya sekadar statistik, melainkan juga mencerminkan upaya pemerintah dalam menciptakan sumber daya manusia yang dinamis, produktif, dan berdaya saing tinggi.

“Sehingga, banyak hal yang harus diselesaikan terutama penurunan kemiskinan kemiskinan terutama di Kota Gorontalo”, tuturnya.

Baca berita kami lainnya di

banner 468x60