Apel Siaga pengawasan Pemilu, Ini Pesan Pj Wali Kota Kotamobagu


banner 468x60

KOTAMOBAGU, READ.ID – Penjabat (Pj) Wali Kota Kotamobagu, Asripan Nani, menghadiri apel siaga kesiapan masa tenang, pemungutan, penghitungan dan rekapitulasi perolehan suara Pemilu di Halaman Kampus UDK, Sabtu (10/2/2024).

Dalam sambutannya Asripan menyampaikan bahwa tuntutan demokrasi mengharuskan pemilihan umum diselenggarakan secara berkualitas, melalui partisipasi masyarakat secara luas, serta dilaksanakan berdasarkan asas langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil.

banner 468x60

“Dalam konteks yang demikian ini, maka seiring dengan terbukanya asas demokrasi, sehingga tata cara, maupun mekanisme pelaksanaan Pemilu, dari waktu ke waktu, juga terus mengalami berbagai perubahan, termasuk juga aturan yang mengatur mengenai petunjuk, serta tata cara pelaksanaannya,” ucap Asripan.

Asripan mengatakan tugas dan tanggung jawab, sebagai pengawas pemilu sangatlah penting dan strategis, karena peran dari Pengawas Pemilu sangat terkait erat dengan sukses, tidaknya, pelaksanaan pemilu.

“Pengawasan Pemilu menjadi bagian yang penting dalam memastikan bahwa proses ini berlangsung adil, transparan, dan jujur. tugas Pengawasan Pemilu tidaklah mudah, namun saya yakin dan percaya bahwa, figur-figur yang terpilih sebagai pengawas pemilu ini, merupakan figur – figur yang memiliki integritas dan kapabilitas, yang mampu melaksanakan tugas dan tanggung jawab, sesuai dengan peraturan perundang-undangan,” ujarnya

“Saya atas nama Pemerintah Kota Kotamobagu menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Ketua dan Anggota Bawaslu Kotamobagu yang telah menggelar apel siaga kesiapan masa tenang, pemungutan, penghitungan dan rekapitulasi perolehan suara Pemilu. Sekali lagi saya menyampaikan apresiasi dan penghargaan yang setinggi-tingginya, tugas bapak-bapak dan ibu-ibu adalah tugas yang mulia,” tambahnya.

Sementara Ketua Bawaslu kota Kotamobagu, Yunita Mokodompit menyampaikan terima kasih serta memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada seluruh elemen masyarakat.

“Atas nama Bawaslu Kotamobagu menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada seluruh jajaran pengawas pemilu di seluruh penjuru kota Kotamobagu atas kerja keras dan usaha yang sungguh-sungguh untuk menunaikan panggilan mulia sebagai pengawal,” tandanya.

“Kita akan serempak di seluruh wilayah pengawasan dan karena itu indeks kerawanan pemilu yang memuat hasil penilaian terhadap potensi pelanggaran dan kerawanan menjadi instrumen yang handal bagi kita dalam memproyeksikan langkah-langkah partisipatif terhadap praktik politik uang, serta propaganda isu sara berita tidak benar serta ujaran kebencian dan potensi-potensi pelanggaran lainnya,” tambahnya.

Kegiatan turut dihadiri Forkopimda dan seluruh elemen masyarakat Kotamobagu. (*)

Baca berita kami lainnya di

banner 468x60