Ariyati Polapa: Bantuan Pusat sering terkendala status lahan daerah

Ariyati Polapa
READ.ID – Anggota DPRD Gorontalo Utara, Ariyati Polapa menegaskan perlunya kepastian status lahan yang akan dilakukan intervensi program dalam rangka pembangunan didaerah itu.
Hal ini disampaikan Ariyati Polapa bukan tanpa alasan jelas. Sebab menurutnya, bahwa sudah banyak contoh yang terjadi di daerah ini terkait dengan persoalan lahan yang ujung-ujungnya juga menimbulkan masalah.
“Sebab berkaca dari potret yang terjadi di tahun-tahun sebelumnya misalnya bantuan dari pemerintah pusat biasanya dipersyaratkan harus ada lahan dulu yang bersertifikat. Kemudian barulah program kegiatan itu bisa berjalan,”kata Ariyati, Kamis (26/8/2021).
Ariyati mengaku, bahwa terkesan yang terjadi di Kabupaten Gorontalo Utara terkait dengan lahan ini tiba masa tiba akal dengan alasan bahwa dari pada anggaran tersebut dikembalikan lagi ke pusat.
“Yang terjadi di daerah ini sebelum tanah selesai, kita sudah mau menyakinkan pihak kementrian, padahal tidak siap,” tegasnya.
Semestinya kata Ariyati sebelum dilakukan intervensi dari program pembangunan. Seharusnya diselesaikan dulu persoalan lahannya.
“Jadi seluruh proses yang harus diikuti khusus untuk pembebasan lahan itu harus direspon dinas terkait. Sehingga ketika program ini jalan tidak akan terjadi kendala,” tandasnya. (Rully)