Asripan Nani Hadiri Penyampaian Hasil Pemeriksaan BPK RI di Jakarta

 

KOTAMOBAGU, READ.ID – Penjabat (Pj) Wali Kota Kotamobagu, Asripan Nani, menghadiri Penyampaian Hasil Pemeriksaan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) atas Pengelolaan dan Tanggung Jawab Keuangan Negara, serta Seminar Nasional yang berlangsung di Cendrawasih Room, Jakarta Convention Center, Jakarta Pusat, Senin (8/7/2024).


banner 468x60

“Acara ini penting karena membahas hasil pemeriksaan keuangan negara oleh BPK serta meningkatkan transparansi dan akuntabilitas pengelolaan keuangan negara,” kata Inspektur Daerah, Yusrin Mantali.

Diketahui, kegiatan tersebut dihadiri oleh berbagai pejabat tinggi negara, termasuk Presiden Joko Widodo, Wakil Presiden Ma’ruf Amin, Ketua DPR RI Puan Maharani, dan Ketua BPK RI Isma Yatun.

Selain itu, para Menteri Kabinet Indonesia Maju, Gubernur, Ketua DPRD Provinsi, Bupati, Wali Kota, serta Ketua DPRD Kabupaten/Kota se-Indonesia turut hadir.

Presiden Joko Widodo menyampaikan apresiasi kepada BPK RI atas kinerjanya dalam menjalankan tugas pemeriksaan keuangan negara. “Saya ingin menyampaikan penghargaan dan terima kasih kepada BPK RI yang telah melaksanakan tugasnya dengan profesionalisme tinggi. Saya juga mengucapkan selamat kepada seluruh jajaran Pemerintah Pusat dan Daerah atas predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dalam laporan keuangan,” kata Jokowi.

Presiden Jokowi juga menekankan bahwa predikat WTP bukanlah prestasi, melainkan kewajiban setiap pemerintah untuk menggunakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) dan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) dengan baik dan benar. “Ini uang rakyat, uang negara. Kita harus sadar bahwa setiap tahun pasti diaudit, diperiksa. Jadi, kewajiban kita adalah menggunakan dan mempertanggungjawabkan APBN dan APBD secara baik,” tegasnya. (*)

 

Baca berita kami lainnya di


banner 468x60
banner 728x90