Awas Licin, 10 Ton Minyak Sawit Berceceran di Jalan Pontolo

Mobil Truck Tangki CPO

READ.ID – Minyak nabati kelapa sawit atau Crude Palm Oil (CPO) sekitar 10 Ton berceceran di sepanjang jalan tanjakan Desa Pontolo atas Kecamatan Kwandang, Kabupaten Gorontalo Utara (Gorut), Kamis (18/11/2021).

pahlawan

Informasi yang diperoleh, minyak tersebut berasal dari salah satu mobil truck tangki CPO dengan plat nomor BE 9110 A.

Kasat Lantas Polres Gorontalo Utara, AKP Supomo, mengatakan kejadian itu berawal dari sebuah mobil Dump truk dengan plat nomor DM 8036 AJ dari arah kwandang menuju Kecamatan Tibawa mengalami patah stik as di tengah jalan dan mogok.

Kemudian, disaat bersamaan dari arah berlawanan, sebuah mobil truk tangki CPO melintas di jalan Pontolo atas dari arah kecamatan Paguyaman menuju Kota Bitung.

Mobil Truk Tangki CPO

Sebuah Mobil Truk Tangki CPO minyak sawit yang mengalami kebocoran di jalan Desa Pontolo, Kecamatan Kwandang. (Foto : Istimewa)

“Jadi saat mobil truk CPO mau turun dan berbelok, kran tangki minyak bersenggolan dengan body dari belakang mobil Dump truck sehingga menyebabkan patah dan minyaknya tumpah,” jelas Supomo.

Supomo menambahkan, atas kejadian itu, diperkirakan ada sebanyak 10 ton minyak sawit yang tumpah dari kapasitas muatan 30 Ton. Namun tidak ada korban jiwa, hanya kerugian materil saja.

“Untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan, kami berlakukan pengaturan arus lalu lintas mulai dari pagi hari untuk menghindari kemacetan dan mengamankan curahan minyak untuk menjaga adanya korban,” tukas Supomo.