Bantuan Sektor Perikanan di Gorontalo Utara Tingkatkan Ekonomi Pedagang

Perikanan Gorontalo Utara

READ.ID – Bantuan yang diberikan pemerintah kabupaten Gorontalo Utara (Gorut) dalam sektor perikanan disebut telah meningkatkan ekonomi para pedagang ikan.

Hal itu diungkapkan Isjrak selaku kepala dinas kelautan dan perikanan kabupaten Gorontalo Utara, usai memberikan bantuan motor box, Mesin Pembeku (Chest Freezer), dan Styrofoam Box kepada para nelayan dan pedagang ikan keliling, Rabu (16/6/2021).

Dari monitoring dan evaluasi yang dilakukan dinas perikanan dari tahun sebelumnya hingga tahun sekarang, para pelaku pemasar ikan mengaku setelah menerima bantua, pendapatan ekonominya meningkat.

“Saya sering ketemu dengan para pedagang ikan di jalan, alhamdulillah merasa terbantu dari segi pendapatan,” ungkapnya.

Selain membantu pedagang, kata Isjrak, bantuan ini dapat membantu masyarakat yang ingin memakan ikan. Artinya, tujuan disalurkan bantuan ini untuk memasyarakatkan agar gemar makan ikan.

“Melalui pedagang ikan yang mendapatkan bantuan motor misalnya, mereka inilah yang bisa membantu mendistribusikan kepada masyarakat misalnya warga yang berada di wilayah pegunungan yang jarang makan ikan,” tuturnya.

Oleh sebab itu, pihaknya mengaku terus memebrikan perhatian kepada para pedagang ikan yang terutama kurang mampu.

“Dari 123 Desa, ada 78 desa berada di pesisir pantai yang 75 persen masyarakatnya tergantung dalam sektor perikanan, misalnya ada nelayan, pedagang ikan dan pemasar ikan. Ini yang harus kita perhatikan, agar kebutuhan ikan untuk masyarakat dapat terpenuhi,” tandasnya.

Tahun ini, ada dua puluh unit motor box yang diberikan kepada 20 orang pedagang keliling, 3 Unit Mesin Pembeku (Chest Freezer), serta 500 Styrofoam Box disalurkan kepada 53 penerima.

(RL/Read)