banner 468x60

Beragam Seni Budaya Gorontalo Ditampilkan di GSMS

Gerakan Seniman Masuk Sekolah

READ.ID – Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo resmi membuka Pelaksanaan Gerakan Seniman Masuk Sekolah (GSMS) yang dilaksanakan dari tanggal 9 hingga 10 Oktober Tahun 2023 di Kabupaten Gorontalo.

GSMS merupakan program prioritas Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan dan Riset (Kemendikbud-Ristek) RI. Melalui Dirjen Kebudayaan dilaksanakan oleh Direktorat Pengembangan dan Pemanfaatan Kebudayaan.

Hal ini disampaikan Kepala Dinas Dikbud Kabupaten Gorontalo. Titianto Pauweni pada Pembukaan kegiatan GSMS Tahun 2023, di Taman Budaya Limboto Senin (09/10/23).

Kegiatan ini diharapkan mampu menyeimbangkan aspek sosial, emosional disamping sekolah telah melaksanakan fungsi akademis, konitif, efektif dan sikomotorik.

“Keseimbangan ini sangat perlu dilakukan dalam rangka memberi kesempatan kepada peserta didik, untuk mengembangkan kecerdasan konferensif dan baik,” lanjutnya

Program GSMS adalah suatu kegiatan membantu serta memfasilitasi terhadap keterbatasan sekolah dalam menghadirkan guru seni budaya di kabupaten/Kota dan provinsi.

Disamping pula GSMS didasarkan regulasi yaitu undang-undang nomor 5 Tahun 2017 kemajuan kebudayaan. Bertujuan menumbuhkan budaya sekolah nasional menyenangkan, mencerdaskan serta memuaskan,” ungkap Titianto.

Selain itu Titianto menambahkan, menjalin kerjasama antara sekolah dan seniman. Membentuk karakter kreatif, apresiatif, inovatif peningkatan ekosistem dan menumbuhkan minat bakat peserta didik di bidang seni budaya.

“Sebagaimana yang telah ditetapkan Kemendikbud-Ristek RI dari 400 Sekolah, Pemkab Gorontalo mengalami peningkatan yang signifikan dengan jumlah 30 sekolah termasuk seniman mendaftar secara online,” pungkasnya.

Baca berita kami lainnya di

banner 468x60