Berhasil Wujudkan Program Kota Cerdas dan Smart City, Pemkot Gorontalo Terima Penghargaan Dari Kementerian Kominfo RI

Pemkot Terima Penghargaan Berhasil Wujudkan Kota Cerdas

banner 468x60

READ.ID – Kementerian Kominfo RI memberikan penghargaan kepada Pemerintah Kota Gorontalo dalam pengimplementasian dan mewujudkan program kota cerdas atau smart city.

Penghargaan tersebut diserahkan oleh Menteri Kominfo Budi Arie Setiadi yang diterima oleh Kepala Dinas Kominfo dan Persandian Kota Gorontalo Daud Rafertian Panigoro, Kamis (7/12/2023) di Jakarta.

banner 468x60

Diketahui, selain Pemerintah Kota Gorontalo ada 49 pemerintah kabupaten kota, lainnya yang turut menerima penghargaan yang sama. Sementara itu, Pemkot Gorontalo sendiri menjadi satu-satunya pemerintah daerah di Provinsi Gorontalo yang menerima penghargaan tersebut.

Kepala Dinas Kominfo dan Persandian Kota Gorontalo Daud Rafertian Panigoro menyatakan, dalam mendapatkan penghargaan dari Kemenkominfo ini, Dinas Kominfo dan Persandian Kota Gorontalo harus bekerja keras dalam menggerakkan smart city di Kota Gorontalo.

Penghargaan ini, kata Daud Panigoro, tidak serta merta diterima oleh Dinas Kominfo atau Pemerintah Kota Gorontalo, tetapi prosesnya sudah berjalan panjang, atau sudah ada tahapan-tahapan yang dilewati.

Terlebih, mulai dari tahapan pemenuhan dokumen pada tahun 2022 sampai dengan assesment dari pemerintah pusat, dan dilaksanakan di tahun 2022.

Daud Panigoro menambahkan, ketika tahapan assesment, Kota Gorontalo termasuk daerah yang sudah siap untuk melaksanakan gerakan smart city, dan dijadikan Kemenkominfo sebagai daerah pelaksanaan bimtek.

Selain itu, ada empat kali bimtek yang tenaga ahlinya atau tim ahli itu dari kementrian kominfo, dimana telah menyiapkan tim ahli dan penyusunan dokumen masterplan.

Kemudian cetak buku itu dilaksanakan oleh kementrian kominfo RI, melalui tim ahlinya.

“Nah, biasanya master plan berlangsung lima tahun, dan untuk melaksanakannya otomatis ada yang namanya quick win atau percepatannya dalam 1 tahun seperti apa”, jelas Daud Panigoro.

Sementara itu, percepatan untuk satu tahun akan kita lihat progresnya seperti apa, sehingga daerah dalam hal ini Dinas Kominfo dan Bapppeda perlu melakukan evaluasi.

Setelah dievaluasi tingkat daerah kemudian itu akan dibawa ke tingkat pusat. Selanjutnya di tingkat pusat para tim ahli akan melaksanakan evaluasi terkait dengan quick win yang sudah dilaksanakan di tingkat daerah.

“Penghargaan yang kami terima ini, bagi saya merupakan sebuah tantangan pengimplementasian smart city di Kota Gorontalo”, imbuhnya.

Diakhir wawancara, Daud menyampaikan ucapan terima kasih kepada Wali Kota Gorontalo, Marten Taha, Wakil Wali Kota Gorontalo, Ryan F. Kono, Sekda Kota Gorontalo Ismail Madjid dan kepada seluruh pihak yang terlibat hingga Pemerintah Kota Gorontalo meraih penghargaan dari Kemenkominfo.

Baca berita kami lainnya di

banner 468x60