BPBD daerah diminta sediakan anggaran memadai untuk penanggulangan bencana

Rakorda

READ.ID – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) menggelar Rapat Koordinasi Daerah (Rakorda) Penanggulangan Bencana Tingkat Provinsi tahun 2023. Acara yang dibuka Penjabat Sekretaris Daerah Provinsi Gorontalo Syukri Botutihe itu berlangsung di Hotel Aston, Kota Gorontalo, Kamis (16/3/2023).

Rakorda tersebut merupakan tindaklanjut dari Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) dan instruksi presiden terkait penanggulangan bencana.

“Saya atas nama pemerintah daerah mengapresiasi rapat koordinasi ini karena ini merupakan hal penting dan kewajiban untuk dilaksanakan,” kata Penjabat Sekda dalam sambutannya.

Lebih lanjut, ada beberapa poin yang ditekankan Syukri dalam kesempatan tersebut. Di antaranya, memprioritaskan kesiapsiagaan dan kewaspadaan masyarakat, pengelolaan tata ruang dan perizinan pembangunan yang harus berbasis mitigasi bencana, juga melakukan indentifikasi risiko bencana di masing-masing wilayah.

“Dari BPBD kabupaten kota hadir ya? Terima kasih karena bapak ini sebagai ujung tombak penanggulangan bencana. Kita harus memprioritaskan program apa yang akan segera kita laksanakan, bagaimana prosesnya, silahkan dikomunikasikan dan didiskusikan. Itu penting sekali,” kata Syukri.

Selain itu, Syukri meminta kepada pihak BPBD baik provinsi maupun kabupaten dan kota untuk menyediakan anggaran daerah yang memadai terhadap penanggulangan bencana.

Rapat koordinasi ini dihadiri oleh berbagai pihak, baik dari anggota komisi IV DPRD Provinsi Gorontalo, Kasubdit Gasum Ditsamapta mewakili Kapolda Gorontalo, Danramil 03 Kota Barat, para pimpinan OPD terkait, serta BPBD Kabupaten dan Kota se Provinsi Gorontalo.

Baca berita kami lainnya di

banner 468x60