Bupati Gorontalo akan buat regulasi Penanaman Pohon di hulu Sungai

Penanaman Pohon

READ.ID – Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo berencana akan membuat peraturan atau regulasi untuk penanaman pohon keras di wilayah hulu sungai untuk mencegah banjir.

Dalam rapat penanganan banjir bersama Dinas serta instansi vertikal Balai Wilayah Sungai (BWS) Sulawesi II Gorontalo, Nelson mengatakan kerusakan pohon yang ada di hulu sudah sangat parah akibat berkurangnya populasi pohon.

“Jadi nantinya kita akan buat regulasi untuk penanaman pohon keras,” Kata Nelson Pomalingo.

Nelson Pomalingo menjelaskan akibat dari kerusakan pohon yang ada di hutan sangat berdampak besar bagi masyarakat yang ada di pusat ibu kota Kabupaten Gorontalo, yang mengakibatkan rusaknya jalan dan beberapa jembatan, diterjang banjir bandang.

“Banjir bandang kemarin salah satu faktor penyebabnya yaitu berkurang pohon yang ada di hulu, minimal bisa meminimalisir banjir,” jelas Bupati Nelson.

Bupati Nelson juga berharap dengan adannya regulasi tersebut masalah banjir yang sering melanda diwilayah Kabupaten Gorontalo bisa segera teratasi.

“Semoga dengan dibuatnya aturan ini kedepannya di harapkan bisa mencegah serta meminimalisir bencana banjir,” tutup Bupati Nelson. (rls/Rully)