Bupati Gorontalo berharap BPP mendorong Peningkatan Produksi Pertanian

Produksi Pertanian

READ.ID – Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo berharap Badan Penyuluh Pertanian (BPP) harus mampu mendorong peningkatan produksi pertanian di daerah itu.

Badan Penyuluh Pertanian (BPP) di Kabupaten Gorontalo kini mengemban tanggung jawab yang lebih luas. Sebab bukan hanya sebatas mendampingi para petani dalam melakukan produksi, tetapi tugas BPP semaki luas lagi dengan memfasilitasi kebutuhan permodalan bagi pelaku rumpun pertanian (pertanian, peternakan, perikanan, dan juga UMKM).

Hal itu terungkap dalam sambutan Bupati Gorontalo, Nelson Pomalingo, saat ia memberikan arahan dihadapan aparat BPP Kecamatan Tabongo, di aula kantor BPP Tabongo, Jumat (24/9/2021).

“Pemerintah Kabupaten Gorontalo mendorong BPP menjadi wahana pembagunan ekonomi rakyat, bahkan para penyuluh pertanian sebagai pembibing dalam pengelolaan tersebut,” jelas Bupati Nelson Pomalingo.

Untuk mendorong ekonomi daerah melalui sektor pertanian, kata dia, Pemerintah Kabupaten Gorontalo telah membangun kerja sama dengan pihak perbankan untuk pengadaan Kredit Usaha Rakyat (KUR).

Dengan terbangunnya kerja sama tersebut, dikatakan, setiap aparat Penyuluh Pertanian memiliki tanggung jawab moril untuk memfasilitasi pelaku rumpun pertanian yang membutuhkan modal.

“Sehingga BPP maupun penyuluh dalam membibing petani dalam hal manejemen maupun teknis. Dengan begitu pendepatan masyarakat terus meningkat”, tandas Bupati Nelson. (rls/Rully)