Bupati Gorontalo Dorong Desa Wisata Berbasis Wirausaha

Desa Wisata

READ.ID – Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo mendorong desa wisata berbasis wirausaha di daerah setempat. Nelson menginginkan pengelola desa wisata agar kreatif dan inovatif dalam mengembangkan pariwisatanya, serta menghasilkan pendapatan yang besar.

“Untuk mengembangkan pariwisata di desa tentunya dengan cara yang inovatif, sehingga pengunjung memiliki daya tarik untuk mengunjungi desa wisatanya,” kata Nelson saat menghadiri kegiatan bimbingan tekniks (Bimtek) pengelolaan destinasi bagi pelaku wisata unggul di kabupaten Gorontalo yang diselenggarakan di hotel Horizon Ultima Gorontalo, Selasa (17/3).

Kegiatan tersebut digelar oleh Politeknik Pariwisata (Poltekpar) Makassar bekerjasama dengan pemerintah kabupaten Gorontalo. Bintek ini diikuti para peserta pengelola desa wisata.

Adanya potensi pariwisata yang unggul, kata Nelson, dapat memberikan kontribusi ekonomis bagi masyarakat di desa wisata. Menurutnya, fasilitas pariwisata yang unggul dapat menjadi sumber pendapatan bagi pengelola wisata dan warga sekitar.

Nelson memaparkan bahwa spot-spot wisata didaerahnya memiliki potensi wisata yang cukup menarik wisatawan. Namun, ia meminta kepada pengelola wisata agar aktif melakukan penataan wisatanya.

“Adanya Bimtek ini sekiranya dapat memberikan ilmu kepada para pelaku wisata yang ingin mengembangkan pariwisata. Disini juga ada kepala desa yang menjadi peserta, saya harap bisa menggunakan dana desa sebaik-baiknya untuk mengembangkan desa wisata,” pinta Nelson.

Ditempat yang sama, Direktur Politeknik Pariwisata Makassar Muhammad Arifin menuturkan, peserta Bimtek harus benar-benar memahami materi yang diberikan terkait pengelolaan pariwisata.

Kata Muhammad, paling penting yang harus diperhatikan pengelola wisata adalalah kenyamanan pengunjung atau wisatawan, hingga menjaga kebersihan tempat wisatanya.

“Kami harapkan materi tentang kepariwisataan ini dapat memberikan kontribusi kepada pelaku wisata agar lebih berkembang. Sehingganya, kemajuan pariwisata tentunya dapat meningkatkan ekonomis melalui wisatawan,” tandasnya. (Adv/Wahyono/RL/Read)