Bupati Gorontalo Kerahkan ASN Kerja Bakti Bersihkan Material Banjir

Bupati Gorontalo

READ.ID – Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo kerahkan seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk membersihkan material sisa banjir bandang yang melanda daerah itu.

“Senin ini untuk semua wilayah, seluruh ASN camat dan juga kepala desa dikerahkan untuk melakukan pembersihan material sisa banjir bandang,” kata Nelson Pomalingo, Bupati Gorontalo.

Bencana alam banjir bandang yang menerjang Kabupaten Gorontalo sudah hampir seminggu terus terjadi.

“Memang curah hujan cukup tinggi akibat perubahan iklim akan tetapi sejumlah saluran-saluran air yang kurang baik dan terdapat kerusakan sehingga terjadi luapan, yang mengakibatkan banjir bandang,” jelasnya.

Untuk mengatasi banjir bandang di Kabupaten Gorontalo, pemerintah akan mengidentifikasi semua kerusakan dan akan dikordinasikan dengan badan bencana di pusat.

Jika itu terkait dengan sungai atau pembangunan tanggul maka akan menghubungi pihak Balai Wilayah Sungai.

Jika itu terkait dengan kerusakan jembatan atau jalan maka akan menghubungi balai jalan, apabila jalannya masi bisa diperbaiki maka akan diperbaiki.

“Kalau memang harus diganti makan akan dianggarkan pada tahun 2022 mendatang,” urainya.

Untuk jangka panjang adalah pemerintah Kabupaten Gorontalo melakukan perencanaan yang komperensif yaitu perbaikan drainase Kota Limboto, serta perbaikan jembatan dan tanggul tanggul disekitar sungai.

Namun untuk wilayah hulu harus diperbaiki, ia mengaku sudah menghubungi dinas pertanian dan dinas lingkungan hidup untuk mencegah kerusakan atau gagal panen Jagung.

“Kami akan tetap berupaya agar pertanian dan perkebunan tetap berjalan lancar sehingga ekonomi masyarakat tetap berjalan,” jelas Nelson Pomalingo.