Bupati Nelson Kenalkan Wilayah Kabupaten Gorontalo ke Penjagub Rudy

Penjagub Rudy Dikenalkan Wilayah Kabupaten Gorontalo

READ.ID – Bupati Nelson Pomalingo memperkenalkan wilayah Kabupaten Gorontalo ke Penjabat Gubernur Rudy Salahuddin. Kesempatan memperkenalkan Kabupaten terluas di Provinsi Gorontalo ini, dilakukan Nelson saat menerima kunjungan kerja perdana Rudy ke Kabupaten Gorontalo, Rabu, (22/5/2024).

Mengenakan takowa dan galenggo berwarna merah muda, Rudy bersama istri Djoewiati Kentjana Soebroto disambut dengan adat Mopotilolo oleh pemangku adat setempat. Prosesi adat ini dilakukan untuk menyambut pejabat tinggi yang baru pertama kali datang di daerah tersebut.

“Selamat datang saya ucapkan pak PJ bersama ibu di Kabupaten Gorontalo. Kabupaten ini adalah kabupaten tertua di Provinsi Gorontalo. Dulu kita hanya punya satu kota dan satu kabupaten, tapi sekarang sudah lima kabupaten. Di mana tiga diantaranya yaitu Boalemo, Bone Bolango terakhir Gorontalo Utara adalah pemekaran dari Kabupaten Gorontalo,” kata Nelson.

Di sela sela sambutan bupati, selanjutnya, prosesi upacara adat dilanjutkan dengan penyerahan persembahan adat, diikuti dengan pemberian suguhan minuman dan makanan tradisional. Kemudian diakhiri dengan pembacaan doa oleh seorang tokoh agama.

“Secara geografis dan sentral ekonomi, kita berada di tengah. Bandara Djalaluddin itu letaknya di Kabgor. Jadi kalau kita ke Manado dari Kota Gorontalo pasti kita lewat sini, ke Sulawesi Tengah juga. Kami juga ada pabrik gula, pabrik kelapa, pengelolaan jagung ada. Intinya kami berkomitmen mendorong kawasan industri,” lanjutnya

Menjadi daerah ketiga yang dikunjungi setelah Kota Gorontalo dan Bone Bolango, PJ Gubernur Rudy mengaku masih sangat terkesan dengan penyambutan secara adat yang terus dilakukan oleh pemerintah setempat. Ia pun berharap proses perkenalan dengan pemda kabupaten/kota ini tak berhenti sampai di sini, harus terus ada koordinasi dan konsolidasi juga sinergi untuk pembangunan Provinsi Gorontalo.

“Saya bersama istri sekali lagi berterimakasih atas penyambutan ini pak bupati dan jajaran, masih ada tiga kabupaten lagi yang akan kita kunjungi mungkin minggu depan. Mudah-mudahan ini menambah kecintaan kami terhadap Provinsi Gorontalo,”tutur Rudy.

Turut mendampingi Bupati menyambut PJ Gubernur ada Wakil Bupati Hendra Hemeto, jajaran pimpinan OPD, unsur Forkopimda Kabupaten Gorontalo, serta tokoh agama dan tokoh masyarakat.

Baca berita kami lainnya di

Exit mobile version