Bupati Pohuwato Buka Sosialisasi dan implementasi Aplikasi SIPD

SPID Pohuwato

READ.ID – Bupati Pohuwato Saipul Mbuinga membuka kegiatan sosialisasi dan implementasi pokok pikiran DPRD dalam aplikasi sistem informasi pembangunan daerah daerah (SIPD), Rabu (03/03/2021)

Sosialisasi itu dihadiir juga ketua DPRD Nasir Giasi dan Wakil ketua Idris Kadji, dan seluruh anggota DPRD, sejumlah OPD terkait, serta menghadirkan narasumber dari kementerian dalam negeri secara virtual.

Dalam sambutanya, Saipul menyampaikan kegiatan ini sangat penting dan starategis bagi daerah dan DPRD. Hal ini terkait kebijakan baru nasional yakni penerapan SIPD termasuk didalamnya e-pokir atau pokok pokok pikiran DPRD yang diusulkan secara elektronik.

Oleh sebab itu menurut saipul SIPD, hal ini dilahirkan untuk membantu pemerintah daerah dan DPRD agar bisa sepaham dalam tahapan pengusulan program ataupun kegiatan.

” Saya katakan ini penting dan strategis karena seluruh perencanaan dan penganggaran sejak tahun ini hingga seterusnya akan menggunakan SIPD, sehingga sangat penting ada kesamaan pemahaman antara lembaga DPRD dan pemerintah daerah,

Selnjutnya untuk menunjang tujuan dari kegiatan ini bupati saipul A. Mbuinga menjelaskan pemerntah daerah akan meningkatkan kapasitas ASN yang telibat langsung dalam SIPD. Sehingga kedepannya dalam tahapan penyusunan tidak hal hal yang berkaitan dengan rencana pemerintah.

“Sehingga kedepan kita tidak mengalami kendala lagi dalam pelaksanaan tahapan penyusunan APBD yang dimulai dari penyusunan RKPD atau rencana kerja pemerintah daerah,” pungkasnya.

(Kifli/Read)