Bupati Pohuwato Harapkan Pelatihan Berbasis Kompetensi Lahirkan SDM Siap Pakai

SDM Siap Pakai

READ.ID – Bupati Pohuwato Saipul Mbuinga, berharap pelatihan berbasis kompetensi program pendidikan dan vokasi dapat mewujudkan masyarakat Kabupaten Pohuwato menjadi Sumber Daya Manusia (SDM) yang siap pakai.

Pelatihan yang di selenggarakan oleh UPTD Balai Latihan Kerja (BLK) Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Nakertrans) Kabupaten Pohuwato itu, berlangsung di Aula Kampus Universitas Pohuwato, Rabu (02/03/2022)

Didepan hadirin Saipul Mbuinga menyampaikan, pelatihan tersebut semoha dapat melahirkan SDM Kabupaten Pohuwato siap pakai di masing-masing kejuruan yang di ikutinya.

“Perusahaan besar sudah mulai mencarai orang orang terbaik, kreatif dan berbakat untuk bekerja di tempat mereka, dengan pelatihan ini tentunya kita sudah punya kompetensi dalam bidang masing masing, Insya Allah dengan ini mereka dapat menerima kita,”ungkapnya

Sebelumnya Kadis Nakertrans Fikri Adam Menjelaskan, pelatihan tersebut dilakukan untuk memenuhi kebutahan pasar kerja yang memerlukan SDM berkompeten dan berdaya saing yang tinggi.

Fikry Adam juga menuturkan, pelatihan tersebut berkorelasi dengan visi Pemerintah Kabupaten (Pemkab), yaitu mewujudkan Pohuwato Sejat, Maju dan Sejahtera (SMS).

“Berdasarkan data BPS Indonesia berpotensi menjadi ekonomi ke-7 terbesar di dunia tahun 2030, sehingganya menjadi satu tantangan kedepan bagi kita untuk menyiapkan SDM kurang lebih 113 juta yang memiliki kompetensi,”imbunya

Untuk menghadapi hal itu kata Fikry, perlu ada strategi yang di terapkan di lingkungan Pemkab Pohuwato untuk membangun kolaborasi dan sinergitas dengan stakeholder di bidang usaha dan indrusti.

“Misalnya melahirkan program pemagangan, pelatihan, dan penempatan,”tandasnya

(JK/Read)

Baca berita kami lainnya di

banner 468x60