Bupati Saipul Mbuinga Siap Fasilitasi Pembangunan Geopark di Paguat

Geopark Paguat

READ.ID – Bupati Pohuwato Saipul Mbuinga siap mendukung dan memfasilitasi pembangunan geopark yang bertempat di Desa Bumbulan Kecamatan Paguat.

Hal itu terungkap saat Bupati Saipul Mbuinga, menerima kunjungan Tim Peneliti Universitas Nahdatul Ulama (UNU) Gorontalo, di ruang kerja Bupati Pohuwato, Selasa (15/06/2021)

Bupati Saipul Mbuinga menyampaikan, pihaknya menilai ada banyak hal yang menarik dalam geopark tersebut, diantaranya ekowisata, pengembangan pembibitan, pembudidayaan sampai pada ekspor, serta ada dua jenis ikan yang akan dipelihara yakni ikan gorapu dan napoleon.

“Tentunya ini berpengaruh pada pertumbuhan ekonomi, kami akan mempolow up ini sampai dengan selesai, harus ada realisasinya. Pemkab siap mendukung rencana baik ini,” ucap Saipul.

“Kemudian masalah jalan yang diminta maka kami siap memfasilitasinya, apalagi panjang jalan kurang lebih 2 KM atau hanya 2 ribu meter,” tambahnya.

Ditempat yang sama, Rektor UNU Gorontalo, Ridwan Tohopi menjabarkan, sebelum melakukan pembangunan geopark Paguat terlebih dahulu akan dilakukan pengkajian.

Para Tim Peneliti merencanakan wilayah bumbulan cocok untuk pembangunan geopark yang didalamnya ada laboratorium yang berfungsi untuk pembibitan, industri pengelolaan perikanan, dan pembudidayaan. Pihak UNU Gorontalo adalah pendamping dari pada investor yang akan mendanai pembangunan.

Ia juga mengungkapkan, dari hasil analisis laboratorium Fakultas Perikanan UNU Gorontalo, Desa Bumbulan adalah wilayah yang cocok untuk pembangunan geopark tersebut.

“Mengenai investor tentu sudah siap, apalagi investornya lokal asli Paguat. Namun tentu sebelum dilakukan pembangunan terlebih dahulu kami akan melapor ke Kementerian terkait, Kami akan presentasekan tentang pembangunan geopark ini,” pungkas Rektor UNU Gorontalo itu.

(JK/Read)

Baca berita kami lainnya di

banner 468x60