Bupati Saipul Sebut Janji Kampanye SMS Masuk RPJMD Pohuwato 

RPJMD Pohuwato

READ.ID – Tak hanya memuat visi misi, Bupati Pohuwato Saipul Mbuinga menyebut, janji kampanye paket Sehat Maju Sejahtra (SMS) dengan pasangannya Suharsi Igrisa pada Pilkada, juga merangkum dalam rancangan awal Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Pohuwato Tahun 2021-2026.

Hal itu diungkapkan Bupati Saipul Mbuinga, saat penandatangaan RPJMD Kabupaten Pohuwato Tahun 2021-2026 di dampingi Wabup Suharsi Igrisa, bersama Ketua DPRD Nasir Giasi, Wakil Ketua DPRD Idris Kadji dan Nirwan Due, Senin (07/06/2021).

expo

” Selain memuat visi dan misi Bupati dan Wabup, RPJMD ini juga berisi janji-janji politik yang sudah disampaikan saat kampanye serta fokus pembangunan Kabupaten Pohuwato lima tahun kedepan,”ungkap Bupati Saipul Mbuinga.

Dirinya menuturkan, RPJMD yang disusun saat ini merupakan periode ke empat dalam Rencana Pembangunan Jangka panjang Daerah (RPJPD) Kabupaten Pohuwato.

Saipul menjelaskan, visi misinya bersama Wabup Suharsi Igrisa sebagai rumusan arah ,serta target kebijakan untuk masyarakat telah tertuang dalam draft RPJMD tahun 2021-2026.

” Dari visi misi tersebut, dirumuskan tujuan dan sasaran, arah kebijakan serta 8 program prioritas yang menjadi unggulan kami, demikian halnya 20 program kegiatan gratis telah dijabarkan dalam dokumen RPJMD,” tutur Bupati Saipul Mbuinga

Lanjutnya, penandatanganan ini merupakan tahap awal dalam penyusunan RPJMD, karena setelah mendapat pembahasan dan kesepakatan dari DPRD, rancangan awal ini akan dikonsultasikan kepada Gubernur untuk memperoleh masukan dan saran dalam penyempurnaan RPJMD tersebut.

Setelah melalui tahapan tersebut,akan dilakukan musrenbang RPJMD yang direncanakan pada minggu ke 2 bulan Juni, guna penajaman dan penyelarasan serta penyempurnaan.

“ Insyaallah, minggu pertama bulan Juli akan diajukan kembali ke DPRD untuk dibahas setelah menjadi rancangan peraturan daerah tentang RPJMD kabupaten pohuwato 2021-2026, dan ditetapkan sebelum 6 bulan sesudah pelantikan bupati dan wakil bupati sebagaimana amanat undang-undang nomor 25 tahun 2004 dan permendagri nomor 86 tahun 2017,” jelas Bupati Saipul Mbuinga.

Sementara itu Ketua DPRD, Nasir Giasi juga menambahkan, rumusan ini merupakan tugas dari semua unsur pemangku kepentingan, dalam merealisasikan program Pemerintah.

” RPJMD ini telah menjadi komitmen dan tanggung jawab bersama, untuk mewujudkan visi dan misi serta program-program Pemerintah Kabupaten Pohuwato,”pungkas Ketua DPRD Nasir Giasi

(JK/Read)