Bupati Sorong Selatan Hibah Tanah untuk Pembangunan MAK

Bupati Sorong Selatan Hibah Tanah untuk Pembangunan MAK

READ.ID – Pemerintah Kabupaten Sorong Selatan, Provinsi Papua Barat menghibahkan satu hektare tanah kepada Kementerian Agama.

“Kami berharap tanah ini dapat dipergunakan untuk membangun Madrasah Aliyah Kejuruan (MAK). Ini adalah upaya bersama agar anak Papua mendapatkan pendidikan yang berkualitas,” ungkap Bupati Sorong Selatan Samsudin Anggiluli saat menyerahkan surat hibah tanah tersebut kepada Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, di Jakarta, Senin (21/6/2021).

Samsudin menuturkan, keberadaan MAK menjadi salah satu kebutuhan masyarakat Sorsel untuk memiliki SDM unggul dan takwa. “Kami di sana punya industri sagu dan sawit. Dengan adanya MAK ini, ke depan kami berharap ada tenaga-tenaga terampil untuk menunjang industri ini,” ungkap Samsudin yang juga didampingi Kepala Kanwil Kemenag Papua Barat Yan Kristianus Kadang.

Kepada Menag, Samsudin melaporkan saat ini jumlah penduduk di Sorong Selatan berjumlah sekitar 64 ribu jiwa. “10 persen di antaranya beragama muslim. Selebihnya beragama Kristen dan Katolik. Namun demikian, hingga saat ini kerukunan umat beragama sangat baik,” ungkap Samsudin yang telah dua periode memimpin Sorong Selatan.

Menag Yaqut Cholil Qoumas menyambut baik hibah tanah tersebut. “Saya sangat mengapresiasi upaya Pemkab Sorong Selatan ini. Kita akan bersama mengupayakan hadirnya pendidikan keagamaan yang berkualitas di sana,” kata Menag.

Menag menuturkan, pembangunan pendidikan di Provinsi Papua dan Papua Barat menjadi salah satu prioritas pemerintah. “Karen itu, kita akan segera kaji, sehingga MAK dapat segera hadir di sana,” imbuh Menag.