Dana PEN di Gorut Untuk Biayai Tiga Program Infrastruktur

Indra Yasin

READ.ID – Pengajuan dana Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) pinjaman Pemerintah Daerah Gorontalo Utara (Gorut) sebesar Rp200 miliar kepada PT. Sarana Multi Infrastruktur (SMI) diperuntukkan untuk membiayai 3 (tiga) Program Infrastruktur.

“Jadi dana PEN tersebut nantinya kita akan fokuskan pada pembenahan jalan, jembatan dan rumah sakit,” ungkap Bupati Gorut, Indra Yasin, di sela-sela aktivitasnya, Selasa (14/9/2021)

Indra mengatakan melalui dana pinjaman PEN tersebut, ada banyak fasilitas Program Infrastruktur yang akan segera diselesaikan, mulai dari perbaikan jalan dan jembatan termasuk pembenahan lanjutan penyambungan jalan by pass Kwandang.

“Kami berharap dengan dana PEN, itu (jalan by pass) sudah dapat terselesaikan. Sehingga jalan protokol di Kabupaten Gorontalo Utara, khususnya ibu kota kabupaten yang selama ini hanya satu, akan bertambah dengan hadirnya jalan by pass tersebut,” tuturnya.

Di samping fokus pada jalan by pass, dana PEN juga nantinya akan dimanfaatkan pada beberapa titik jalan yang perlu dibenahi di daerah itu. Sementara untuk rumah sakit ZUS, dana PEN akan dimanfaatkan untuk menambah dan memperbaiki beberapa fasilitas yang ada.

“Seperti ruang VIP dan fasilitas khusus untuk kasus-kasus tertentu. Dengan demikian, Pendapatan Asli Daerah (PAD) rumah sakit akan meningkat, seiring pembenahan yang nantinya dilakukan,” tukasnya.

Ia pun menjamin, realisasi atau penggunaan dari dana PEN tersebut tidak akan menimbulkan permasalahan di kemudian hari.

“Insya Allah kita berusaha semuanya baik-baik saja. Karena yang dibiayai nanti juga tidak banyak, hanya infrastruktur jalan, jembatan dan rumah sakit,” tandasnya.