Darurat kekeringan, Pemkab Gorontalo gelar shalat minta hujan

Pemerintah Kabupaten Gorontalo Bersama Masyarakat Shalat Istisqa untuk Meminta Hujan Kepada Allah SWT Akibat Kekeringan. (Foto Humas Pemkab Gorontalo)

READ.ID – Pemerintah Kabupaten Gorontalo bersama masyarakat menggelar shalat Istisqa untuk meminta hujan. Shalat dilaksanakan di rumah dinas Bupati Gorontalo, dimulai dengan doa dan dzikir sekitar sejak pukul 06.00 wita.

“Tadi kami melaksanakan Shalat untuk meminta agar diturunkan hujan oleh Allah karena semua kekuasaanya hanyalah kepadanya. Semoga doa kami diterima Allah dan berharap kekeringan ini cepat berlalu,” tutur Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo usai melaksanakan Shalat Istisqa.

Nelson mengatakan, kemarau ini sudah melanda Kabupaten Gorontalo sejak tiga bulan terakhir yang menyebabkan warga krisis air dan para petani gagal panen.

“Sejauh ini laporan kita dapatkan, dari tiga belas ribu hektar sawah di Kabupaten Gorontalo, ada kurang lebih 1000 hektar sawah yang mengalami gagal panen. Artinya ada 90 persen yang masih melakukan panen. Jagung juga demikian,” ungkap Nelson.

Untuk mengatasi kekeringan pemerintah sebelumnya telah mengupayakan dengan memberikan bantuan Alkon atau pompa air kepada para petani, hingga menyuplai air bersih ke wilayah-wilayah kecamatan terdampak kekeringan.

“Selain alkon dan bantuan air bersih, kita memberikan bantuan berupa beras. Itu sudah kita lakukan. Diharapkan dengan shalat Istisqa agar mengatasi kekeringan saat ini,” harapnya.

Nelson juga menghimbau kepada masyarakat agar tidak membakar lahan di perbukitan sehingga tidak menyebar luas di hutan. (Wahyono/RL)

Baca berita kami lainnya di

banner 468x60