Dikpudpora Provinsi Gorontalo Tanggapi Rencana Pembelajaran Tatap Muka

Dikpudpora Gorontalo

READ.ID – Sekretaris Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dikpudpora) Provinsi Gorontalo Roni Mamu, menjawab soal rencana pembelajaran tatap muka yang akan dilaksanakan di SMA/SMK.

Pihaknya, kata dia, saat ini mulai melaksanakan beberapa persiapan, sebelum pelaksanaan pembelajaran tatap muka dimulai.

“Persiapan tersebut mulai dari kesiapan sarana dan prasaran, serta menyusun Standar Operasional Prosedur (SOP) yang harus diikuti oleh semua siswa dan tenaga pendidik dalam pelaksanaan belajar tatap muka nanti,” ungkap Roni, saat ditemui Senin (3/5/2021).

Menurutnya, meskipun pembelajaran tatap muka ini, tidak dijalankan secara serentak, dan hanya sebagian, namun pihaknya sudah menyusun SOP yang harus dipatuhi.

“Mulai dari siswa naik bus, kemudian memasuki ruang kelas,  saat menerima pelajaran di kelas, dan keluar kelas, sampai kembali ke rumah, semuanya akan diatur dalam SOP,” tegas Roni.

Tidak hanya itu, sarana dan prasarana pendukung pun akan diperhatikan, diantaranya penyediaan handsanitizer, tempat cuci tangan, dan ruang kelas akan dilengkapi dengan disinfektan, tambah Roni.

“Juga akan dilengkapi dengan daftar periksa,” tambahnya.

Namun, yang paling penting, kata Roni, yakni seluruh tenaga pengajar sudah mendapatkan vaksin, untuk mengurangi resiko-resiko penularan kasus Covid-19.

Diakuinya, untuk saat ini belum seluruh tenaga pendidik mendapatkan vaksin, tetapi pihaknya telah mendorong para guru untuk mengikuti vaksinasi di masing-masing kabupaten/kota.

“Kami pun telah mengirim surat kepada pemerintah daerah di kabupaten/kota, kiranya dapat mengikutsertakan para guru-guru, apabila ada kegiatan vaksinasi yang dilaksanakan,” harapnya.

(Rinto/Read)