Dinas Pangan Bangun Komunikasi Lintas Sektoral Tumbuhkan Pangan Lokal

READ.ID – Dinas Pangan Provinsi Gorontalo terus membangun komunikasi lintas sektoral untuk menumbuhkan atau menggaungkan konsumsi Pangan Lokal dimasyarakat.

“Tanggungjawab kehidupan pangan di suatu daerah tidak hanya menjadi tugas dari Dinas Pangan, Kami terus bersinergi dengan dinas lainnya yang menangani sektor rill yaitu Dinas Pertanian, Dinas Perikanan, Lingkungan Hidup, Kehutanan, Peternakan dan lainnya,” jelas Sila Botutihe Kepala Dinas Pangan Provinsi Gorontalo.

Ia mencontohkan salah satu komoditi yang menjadi instruksi dari Gubernur Gorontalo Rusli Habibie yaitu Sambal Sagela, yaitu dari bahan baku ikan yang sangat mendukung pangan lokal dan pangan tradisional.

Beliau pak Gubernur meminta untuk ketersediaan Sagela ini harus terjaga dan terus diangkat, karena tingkat konsumsi masyarakat sangat tinggi dan itu tidak hanya lokal Gorontalo, termasuk permintaan dari luar daerah.

“Animo konsumsi Sagela ini menyasar semua kalangan, tua, muda, suka Sagela, baik Gorontalo maupun luar daerah,” jelasnya.

Dan hasil koordinasi tersebut, dibantu oleh Dinas Kesehatan Provinsi, mereka sudah melakukan pengujian dan ternyata Sagela mengandung komposisi yang lengkap, antara lain Asam Aminonya, Kalsium, Kalium, Natrium, Postur dan lainnya.

Begitu juga dengan instansi lainnya, seperti Dinas Perindustrian dan Perdagangan, yang terus mendorong pelaku usaha kecil menengah (UKM) di Gorontalo.

Baca berita kami lainnya di

banner 728x90

banner 728x90