Dinas Pariwisata Bone Bolango Luncurkan Aplikasi Informasi Hiu Paus

Informasi Hiu Paus Botubarani

READ.ID – Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Bone Bolango meluncurkan Aplikasi berbasis website Sistem Informasi Hiu Paus yang ada di Objek Wisata Botubarani Kecamatan Kabila Bone, Kabupaten Bone Bolango.

Sekretaris Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Bone Bolango Kusno mengatakan jika Sistem informasi yang dapat di akses di laman website : https://botubaranitourism.id  ini sangat berguna bagi wisatawan yang ingin berkunjung melihat langsung Hiu Paus yang ada di Botubarani.

Baca Juga : Seekor Hiu Paus di Botubarani diberi nama Sandiaga Uno

“Kini masyarakat khususnya wisatawan bisa memperoleh informasi ada atau tidaknya kerberadaan Hiu Paus di Botubarani,” kata Susno, saat peluncuran Sistem Informasi Hiu Paus, Senin (10/1).

Dalam kesempatan itu, pihaknya mengucapkan terima kasih kepada Mahasiswa program Modul Nusantara yaitu Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka, atas kontribusi sosialnya membangun sistem informasi Hiu Paus Botubarani.

Menurutnya, apa yang dilakukan oleh adik-adik mahasiswa akan sangat bermanfaat bagi perkembangan Pariwisata di Bone Bolango, khususnya dalam segi promosi Wisata Bone Bolango.

“Terima Kasih bagi mahasiswa, semoga apa yang telah dilakukan di Bone Bolango, khususnya di Botubarani akan bermanfaat bagi Pariwisata Bone Bolango kedepan,” jelasnya.

Sementara itu, Ivonela Reane Larekeng, Kepala Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Dinas Pariwisata Provinsi Gorontalo mengatakan dengan adanya sistem informasi Hiu Paus Botubarani akan lebih meningkatkan kunjungan wisatawan di Gorontalo, khususnya di Bone Bolango.

“Kami selaku Dinasi Pariwisata Provinsi Gorontalo, berterima kasih, dengan adanya sistem yang dibuat oleh adik-adik mahasiswa program Modul Nusantara Pertukaran Mahasiswa Merdeka.

Menurutnya, Wisata Hiu Paus menjadi salah satu Objek Wisata Unggulan di Provinsi Gorontalo, dan diusulkan menjadi Geopark Nasional.

Terkait pembuatan sistem informasi Hiu Paus ini, pihaknya berharap antara Dinas Pariwisata Provinsi Gorontalo dengan Pariwisata Pemuda dan Olahraga Bone Bolango dapat terus berkolaborasi dalam pengembangan Pariwisata di Gorontalo.

“Kami juga memiliki Aplikasi yang menghimpun seluruh destinasi Wisata di Gorontalo, harapannya kerjasama yang baik ini dapat terus berlanjut,” jelas Ivonela Reane Larekeng.

Sementara itu Dosen Universitas Negeri Gorontalo (UNG) Citra Dano Putri selaku pembimbing Kelompok Program Modul Nusantara Merdeka Belajar mengatakan, Website ini adalah bentuk kontribusi sosial bagi perkembangan pariwisata yang ada di Bone Bolango.

“Kami berharap sistem informasi ini, dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya sebagai sarana promosi pariwisata Hiu Paus di Botubarani,” kata Citra Dano Putri.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) meluncurkan Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka sebagai salah satu wujud implementasi kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).

Pertukaran Mahasiswa Merdeka dilakukan untuk menumbuhkan rasa cinta mahasiswa terhadap keberagaman budaya tanah airnya serta mendorong penguatan dan perluasan kompetensi akademik mahasiswa.

Melalui rangkaian kegiatan modul nusantara ini, para peserta yang berasal dari berbagai kampus dari berbagai wilayah di Indonesia diharapkan dapat memaknai kebhinekaan lebih dalam dan memberikan kontribusi dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

Baca berita kami lainnya di

banner 468x60