Dinas Pertanian Lakukan Gerakan Pengendalian Organisme Tanaman

Organisme Tanaman

READ.ID – Dinas Pertanian Provinsi Gorontalo melakukan gerakan pengendalian (Gerdal) terhadap Organisme Pengganggu Tanaman (OPT) belalang jenis kembara, di Desa Hutokalo Kecamatan Sumalata Kabupaten Gorontalo Utara.

Perang terhadap hama ini dilakukan setelah ditemukan belalang kembara (Locusta Migratoria) yang menyerang kawasan ladang jagung dengan potensi 100 ha.


banner 468x60

Belalang kembara ini ditemukan sudah berkelompok/gregaria dan menyerang tanaman jagung varietas bisi 18 umur 45-95 hst.

“Untuk mengantisipasi bermigrasinya belalang tersebut, kita telah menugaskan Tim Brigade Proteksi Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Gorontalo, untuk melaksanakan Gerakan Pengendalian terhadap OPT,” jelas Kepala Dinas Pertanian Provinsi Gorontalo Muljady Mario, Selasa (3/9/2019).

Menurut Mario, tujuan dilaksanakannya Gerdal OPT ini agar petani dapat melakukan tindakan pencegahan dan pemberatasan organisme tanaman sedini mungkin.

Jika terindikasi wilayah tersebut mulai berkembang OPT belalang, sehingga OPT ini tidak berkembang ke daerah atau wilayah lain.

Gerdal OPT Belalang Kembara telah dilaksanakan sejak tanggal 29 Agustus 2019 lalu, melalui bimbingan teknis pengendalian OPT kepada Kelompok Tani Sinar Balabatu.

Untuk membantu dalam pengendalian OPT, petani juga diberikan sarana seperti pestisida nabati dan handsprayer kepada kelompok tani Sinar Balabatu.

Baca berita kami lainnya di


banner 468x60
banner 728x90