Dinas PU Gorontalo Utara Gelar Rapat Penanganan Banjir

Dinas PU Gorontalo Utara

READ.ID – Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kabupaten Gorontalo Utara (Gorut) menggelar rapat terkait penanganan banjir, Senin (30/03/2021).

Rapat yang berlangsung di Aula Gedung Dinas PU ini dihadiri oleh Bupati Gorut, balai jalan, dan kepala-kepala desa yang wilayahnya sering terdampak banjir.

Kepala Dinas PUPR Gorut, Haries Latief  ditemui usai rapat menyampaikan titik lokasi banjir yang berada di depan Puskesmas Kwandang akan segera dibangun deker dan saluran air oleh balai jalan nasional,

Dirinya mengatakan, dalam rapat sudah disampaikan pelaksanaan penanggulangan banjir nanti akan menemukan beberapa hambatan.

Pasalnya, di lokasi rencana pembuatan saluran air ada beberapa bangunan berupa warung dan toko yang sudah masuk di area jalan.

Dinas PU Gorontalo Utara

Dinas Pekerjaan Umum dan  Penataan Ruan (PUPR) Kabupaten Gorontalo Utara Haries Latief . Foto: Tutun/Read

“Tadi sudah diminta kepada kepala desa setempat untuk dapat mengedukasi dan menyampaikan kepada masyarakat aga tidak jalan yang diperuntukan untuk membangun bangunan,” kata kadis.

Haries mengungkapkan kalau melihat secara keseluruhan, air yang meluap berasal dari wilayah ketingian daerah setempat.

Sehingganya antara hulu dan muara mesti ada penanganan secara bersamaan agar banjir di lokasi tersebut bisa teratasi.

Ia menuturkan jalan satu-satunya harus ada sinergi antara Dinas PU Gorontalo Utara dan instasi terkait yang berhubungan dengan penanganan banjir.

‘Misalnya seperti dari dinas kehutanan dan Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai (BPDAS),” tandas Haries.

(Tutun/RL/Read)