Dispar Gorontalo Bahas Persiapan Event Pencanangan International Whale Shark Day

International Whale Shark Day

READ.ID– Dinas Pariwisata Provinsi Gorontalo melaksanakan rapat Persiapan dan Koordinasi bersama pihak terkait, guna membahas pencanangan event International Whale Shark Day di Gorontalo.

Rapat tersebut dipimpin Kepala Dinas Pariwisata Aryanto Husain, dan dihadiri oleh PAM OBVIT, Danlanal, POKDARWIS, dan Masyarakat Desa Botubarani, Jumat (14/7/2023).

Aryanto Husain mengungkapkan, bahwa rapat pertemuan ini untuk membahas persiapan event international Whale Shark Day. Dikatakan Aryanto, Dinas Pariwisata Provinsi Gorontalo sendiri, mendorong kolaborasi berbagai pihak, baik antara pemerintah, maupun pelaku wisata, dan masyarakat, agar event ini sukses.

“Jadi, pemerintah provinsi sebagai perpanjangan pemerintah pusat, adalah memberikan penguatan, mendukung, dan kewenangan pemerintah kabupaten adalah bagaimana mendayagunaan potensi, disepanjang desa Botubarani”, ungkap Aryanto.

Selain itu, pelaku wisata juga didorong untuk mengambil manfaat dan bagian pada event ini, yang diharapkan dapat memberikan dampak sosial dan ekonomi, serta lingkungan.

Dijelaskan Aryanto, bahwa untuk manfaat ekonomi, yaitu terciptanya ekonomi yang kondusif dan berkelanjutan. Serta, akan tumbuh UMKM sepanjang Botunarani, yang menjual produk ekonomi kreatif.

Sementara itu, untuk manfaat sosial, adalah masyarakat akan tumbuh partisipasinya dalam menjaga destinasi dan menjaga aktivitas pariwisata.

“Nah, untuk manfaat lingkungan atau ekologi, adalah terjaga lingkungan perairan, dari sampah dan sedimentasi”, jelas Aryanto.

Menurutnya, hal ini dinilai sangat penting, karena merupakan ikon pariwisata di Gorontalo, yang setiap kunjungan wisatawan, selalu mengarah kepada wisata Hiu Paus.

Terakhir, pihaknya meminta semua pihak untuk sama-sama jadikan event ini yang baik dan menarik, serta memberikan dampak kepada masyarakat desa.

“Kami butuh dukungan dari seluruh pihak, baik pemerintah provinsi, kabupaten Bonebolango, kecamatan, untuk sukseskan event ini”, pungkasnya. (Rinto/Read)

Baca berita kami lainnya di

Exit mobile version