Dorong Puskesmas Jadi BLUD, Dinkes Pohuwato Gelar Bimtek dan Verifikasi Keuangan

Puskesmas BLUD

READ.ID – Dinas Kesehatan (Dinkes) Pohuwato menggelar kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) dan verifikasi keuangan, bagi Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) se-Kebupaten guna mendorongnya menjadi Pusat Pelayanan Umum Daerah (BLUD).

Bertempat di Hotel Grend Q Hotel Kota Gorontalo, kegiatan tersebut diikuti oleh seluruh bendahara Puskesmas se-Kabupaten Pohuwato.

Dijelaskan Kadis Kesehatan Pohuwato Fidi Mustafa, kegiatan tersebut bertujuan untuk mendorong Puskesmas menjadi BLUD agar benar-benar memiki otonomisasi dan kemandirian dalam pengelolaan keuangan secara akuntabel dan taat asas.

“Dengan upaya suporting sistem dari Dinkes keraah sana, maka diharapkan Puskesmas dapat lebih profesional dan fleksibel dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat khususnya dalam pencapaian target target kinerjanya dengan memanfaatkan segala sumberdayanya,”ungkapnya, Kamis (19/01/2023)

Selanjutnya, Fidi menyampaikan, untuk menjadi BLUD juga, selain dengan memberikan pelayanan secara profesional, Puskesmas juga dituntut bisa mengelola manajemen secara mandiri.

Dimana kata Fidi, termasuk perbaikan sarana prasarana pelayanan yang sederhana sesuai kemampuan keuangan puskesmas, dapat langsung di lakukan tanpa harus melalui mekanisme penganggaran di Dinkes.

“Kecepatan akses dan kewenangan pengambilan kebijakkan yg otonom guna pencapaian target kinerja pelayanan secara maksimal bagi masyarakat, harus juga dibarengi dengan kemampuan memahami mekanisme pengelolaan keuangan yg taat asas dan akuntabel itulah urgensinya pelaksanaan kegiatan ini,”pungkasnya

Baca berita kami lainnya di

banner 468x60