DPRD Gorontalo Utara Berharap Penangan Longsor dipercepat

Penanganan Longsor, Rahman

READ.ID – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Gorontalo Utara, Rahmat Rahman, berharap penanganan longsor di daerah itu dipercapat.

“Tolong dipercepat penanganan musibah longsor dan jalan amblas yang terjadi disepanjang jalan lintas Sulawesi,” Kata Rahmat Rahman.

“Penanganan yang dilakukan saat ini terkesan lambat, padahal musibah longsor seberapapun kondisinya, baik ringan, sedang maupun berat, memerlukan penanganan cepat,” ujar Rahmat, sekretaris Komisi I DPRD.

Menurutnya saat ini tidak ada akses transportasi lain sebagai jalur alternatif di wilayah barat atau sepanjang Kecamatan Anggrek, Monano, Sumalata Timur, Sumalata, Biau dan Tolinggula.

Apalagi musibah longsor di wilayah Kecamatan Sumalata Timur, sudah terjadi sejak Senin, 24 Februari 2020.

DPRD, sangat mendorong pemkab khususnya instansi teknis terkait untuk bergerak cepat melakukan pembersihan material longsor yang potensial memicu terputusnya akses transportasi.

Bahkan kecelakaan lalu lintas mengingat saat malam hari, kondisi jalan utama di jalur-jalur tersebut minim penerangan.

Saat ini, longsor terparah ada di Desa Sogu, Kecamatan Monano, juga Desa Koluwoka, Desa Wubudu Dusun Hulapa, Kecamatan Sumalata Timur, yang memerlukan penanganan sangat cepat, agar longsor tidak menutup seluruh badan jalan.

Termasuk di Desa Tolitehuyu dan Desa Dunu juga di Kecamatan Monano dan Desa Bubalango di Kecamatan Sumalata Timur.

“Jangan sampai, titik-titik longsor bertambah sebelum ada penanganan untuk longsoran awal di Kecamatan Monano dan Sumalata Timur, mengingat intensitas hujan cukup tinggi di wilayah ini,” ungkapnya. (RL/Read)

Baca berita kami lainnya di

Exit mobile version