DPRD Gorontalo Utara Minta Pemdes Melakukan Inovasi

Ridwan Arbie

READ.ID – Anggota DPRD Gorontalo Utara, Ridwan R. Arbie mendorong pemerintah desa (Pemdes) untuk dapat melakukan inovasi ataupun terobosan termasuk pemanfaatan sumber daya yang ada dalam rangka meningkatkan pendapatan asli desa (PADes).

“Saya berharap pemdes  melakukan inovasi dan terobosan untuk meningkatkan PADes, serta tentu berdampak pada pembangunan yang ada di desa,” ujar Ridwan saat diwawancarai, Selasa (14/9/2021)

Menurut Ridwan, sebenarnya banyak inovasi yang bisa dilakukan dalam peningkatan pendapatan PADes, salah satunya dengan memaksimalkan segala potensi desa melalui Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) yang mampu meningkatkan dan menampung segala produk lokal di desa tersebut.

“Peran Bumdes ini sangat penting, maka dari itu setiap desa harus jeli melihat segala peluang dan potensi untuk dikembangkan dan pada akhirnya menunjang peningkatan PADes,” ujar Ridwan,

Namun Ridwan mengaku prihatin, dengan pihak pemerintah desa saat ini yang hanya berjalan lurus saja dan tidak banyak melakukan inovasi.

“Padahal jika inovasi atau terobosan tersebut dilakukan oleh pemerintah desa, tidak menutup kemungkinan akan terbuka sumber pendapatan lainnya yang akan masuk ke kas desa,” terangnya

Politisi Partai Hanura ini menyampaikan apabila PADes meningkat tentu pihak desa akan mendapatkan dana pengelolaan dan pembiayaan tambahan untuk desanya.

“Dan tentunya itu dapat dimanfaatkan untuk pembangunan desa, jika ada pendapatan lainnya yang dapat menopang pembangunan selain dari dana desa,” jelasnya. (Rully)