DPRD Gorut Dorong Dinas Parwisita Jadi Leading Sektor Ekonomi Kreatif

READ.ID – Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Gorontalo Utara (Gorut) Hamzah Sidik mendorong Dinas Pariwisata di kabupaten setempat agar menjadi leading atau pihak yang dapat mendorong ekonomi kreatif.

Hal tersebut disampaikannya saat menjadi narasumber pada dialog kewirausahaan yang dilaksanakan DPK KNPI Kwandang.

“Ini memang harus didorong. Pasalnya ekonomi kreatif itu leading sektornya berada di Dinas Pariwisa,” ungkap Hamzah.

Berdasarkan pengamatan di beberapa daerah, kata Hamzah, nomen klaturnya itu ada Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Sementara untuk Gorut sendiri, itu masih Dinas Pariwisata dan Kebudayaan.

“Nah, barangkali kemarin juga ada berapa fraksi yang sudah mendorong dalam pandangan umumnya di nota pengantar keuangan,” ucapnya.

Wakil Ketua DPRD Gorut ini mengatakan pihaknya ingin melihat efektivitas daripada kinerja organisasi perangkat daerah (OPD). Termasuk dinas pariwisata.

Pada kesempatan itu, dirinya juga mengungkapkan tentang kinerja OPD yang saling berkaitan. Misalnya, tentang ketahanan pangan, pertanian, dan peternakan.

Kata dia, kinerja hal yang demikian itu lebih baik digabungkan saja. Apalagi OPD terkait yang mengurusi hal itu biaya operasionalnya terhitung besar.

“Nah, jika lakukan seperti itu, maka bisa saja ada penghematan secara anggaran. Hal ini juga akan dikaji agar DPRD juga masi dapat mencoba untuk mendiskusikan dengan pihak perencanaan yang ada di BAPPEDA,” ujar Hamzah.

Menurunya, jika ada penggabungan OPD ini, maka anggaran yang diperuntukan kepada publik akan lebih banyak.

“Contohnya seperti di dinas pertanian, ketahanan pangan, dan peternakan. Di situ terdapat eselon 2. Pada dasarnya mempunyai TKD dan segala macam pembiayaan. Jika itu bisa kita lebur, maka TKD-TKD tadi itu pastinya bisa dijadikan program-program lain lagi,” tandasnya.

(Tutun/RL/Read)