DPRD Minta Pemda Bantu Pelaku Wisata Terdaftar Izin Operasional

READ.ID – Ketua Komisi III DPRD Gorontalo Utara, Ariyati Polapa mendorong pemerintah setempat untuk membantu para pelaku pariwisata agar memiliki surat izin operasional.

Ariyati mengatakan, pihaknya sering kali melakukan rapat kerja bersama dinas pariwisata sebagai mitra komisi untuk bagaimana meningkatkan pendapatan asli daerah.

“Tetapi pihak Dinas mengakui tingkat kesulitan mencapai target PAD disebabkan oleh banyaknya destinasi wisata di daerah yang belum memiliki izin operasional,” ujarnya.

Menurut Ariyati sebenarnya banyak peluang finansial yang bisa meningkatkan fiskal daerah tapi belum dimaksimalkan oleh OPD terkait.

“Sebenarnya banyak yang bisa digali oleh dinas melalui potensi destinasi wisata ini namun banyak diantaranya belum memiliki izin,” terangnya.

Untuk itu, kata dia perlunya upaya dalam memberikan kepastian hukum terkait izin usaha masyarakat yang punya kemampuan untuk peningkatan pendapatan di daerah.

“Dinas harus jemput bola dan kerja sama dengan PTSP untuk penertiban izin operasionalnya. Kita jangan hanya menunggu dana transfer dan tidak ada upaya untuk di lokal sendiri,” tandasnya.

Baca berita kami lainnya di

banner 468x60